[SALAH] Sekretaris Jenderal PDIP Menangis Hasil Quick Count Ganjar Di Bawah 20%

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video yang memperlihatkan Sekjen PDIP tersebut menangis bukan karena suara Ganjar yang di bawah 20%, melainkan video lama pada saat ia terbawa emosi ketika menyampaikan pengunduran diri Abdullah Azwar Anas di Pilkada 2018 lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/EnTt9 (arsip)

===========

[NARASI]: “Hasto Kristiyanto…PDIP Megawati Menangis … Hasil Quick Count di Bawah 20% Pemilihnya di Bawah Anies Baswedan,,,”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar di Tiktok video yang memperlihatkan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Hasto Kristiyanto, sedang menangis di depan banyak wartawan. Unggahan video tersebut turut disertai dengan narasi yang menggiring opini jika Hasto menangis karena terkait dengan perolehan suara Ganjar yang bahkan di bawah 20%.

Namun, video tersebut tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2024 ini. Video tersebut serupa dengan video yang diunggah di channel Youtube BeritaSatu dengan judul “Sekjen PDIP Menangis Bicara Azwar Anas Mundur Pilkada Jatim” yang diunggah 6 Januari 208 lalu.

Dalam video, Sekjen PDIP tersebut menyampaikan pengunduran diri Abdullah Azwar Anas sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 atas skandal video tidak senonoh yang diduga adalah Abdullah Azwar Anas. Dalam momen tersebut Hasto nampak menyampaikan pesan dengan cukup emosional hingga terlihat ia mengeluarkan air matanya.

Melalui hal tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang mengatakan jika Hasto menangis dikarenakan ia sedih dengan perolehan suara Ganjar adalah hal yang tidak benar, karena video tersebut merupakan momen ketika Hasto menangis saat menyampaikan pengunduran diri Abdullah Azwar Anas dalam Pilkada tahun 2018 yang lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=YEAHi0sFFwo&t=20s

https://news.detik.com/berita/d-3800251/kabar-mundur-azwar-anas-yang-bikin-kaget