[SALAH] Prof. Mahfud Pastikan Prabowo Segera Dilantik

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan Mahfud MD memastikan Prabowo akan segera dilantik menjadi presiden dan mengucapkan selamat. Sebaliknya, justru Mahfud MD akan mengajukan gugatan hasil Pilpres 2024 ke Mahkama Konstitusi.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://perma.cc/Q4AJ-6M45

= = =

Narasi:

“prof mahfud mengucap selamat buat bpk prabowo. Prof. Mahfud Md pastikan prabowo akan segera dilantik, jadi presiden. Sebab langkah terakhir hak angket dan itu nggak akan mengubah keputusan KPU dan MK.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di TikTok dengan klaim bahwa Mahfud MD, Cawapres nomor urut 3, mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan memastikan bahwa Prabowo akan segera dilantik jadi presiden.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut. Dilansir dari Kompas.com, justru sebaliknya Mahfud MD akan menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam keterangannya pada 1 Maret 2024, Mahfud MD menjelaskan bahwa TPN sudah siap mendaftar jika sekarang MK sudah membuka pendaftaran gugatan hasil Pilpres 2024. “Kalau kami sudah siap. TPN, kami, tim hukum kami, sudah siap, sudah lengkap. (Kalau) sekarang MK buka, kita langsung daftar,” kata Mahfud melalui Kompas.com.

Dengan demikian, Mahfud MD ucapkan selamat dan pastikan Prabowo akan segera dilantik adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/07/203126382/hoaks-mahfud-ucapkan-selamat-dan-pastikan-prabowo-segera-dilantik

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prof-mahfud-pastikan-prabowo-segera-dilantik

= = =