[SALAH] Pesawat Berputar di Binjai Berkali-kali Karena Tidak Bisa Baca Maps

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video yang menyatakan bahwa pesawat berputar berkali-kali di Binjai karena tidak bisa membaca maps tidaklah benar. Diketahui, pesawat tersebut adalah Pesawat Lion Air JT-106 Surabaya – Jeddah. Pesawat tersebut berputar di langit Binjai untuk mengurangi bahan bakar karena akan melakukan pendaratan alternatif. Pendaratan alternatif disebabkan adanya pemberitaan penutupan sementara di wilayah udara Sri Lanka.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://web.archive.org/web/20240312223722/https://www.tiktok.com/@jendprabowosubianto/video/7345191381385612550?_t=8kbeIwNc0lW&_r=1

====
[NARASI] ” itu pilot yang mutar- mutar di binjai sampai 5 jam dipecat ajah nengok maps aja gak bisa”

====
[PENJELASAN]
Video beredar di Tiktok menyatakan bahwa pesawat berputar berkali-kali di Binjai hingga sampai 5 jam disebabkan karena pilot tidak bisa membaca maps. Dalam video tersebut, juga ditambahkan keterangan untuk memecat pilot yang membawa pesawat tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata video ini tidak memperlihatkan kejadian sebenarnya. Diketahui, pesawat tersebut adalah Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 yang berangkat dari Surabaya menuju Jeddah. Melansir dari http://cnbcindonesia.com, pesawat yang berputar- putar di langit Binjai, Sumatera Utara disebabkan karena ada pemberitahuan penutupan udara di wilayah Sri Lanka. Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air, menjelaskan bahwa pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif merupakan prosedur standar dalam operasional penerbangan yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan. Dalam melakukan pendaratan alternatif, pesawat harus holding (terbang mengelilingi) di udara untuk beberapa waktu dengan tujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar.

Pesawat tersebut kemudian mendarat di Bandara Kualanamu, rencananya pesawat menunggu wilayah udara Sri Lanka dibuka. Saat ini, pesawat sudah berada dalam perjalanan menuju Jeddah. Dengan demikian, video yang mengklaim bahwa pilot tidak bisa membaca maps sehingga pesawat berputar berkali-kali di Binjai, tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.cnbcindonesia.com/news/20240312120657-4-521349/pesawat-lion-air-berputar-putar-di-langit-binjai-ini-penyebabnya