[SALAH] PDIP PUNYA BUKTI 17 PERSEN SUARA GANJAR TERKUNCI DI KPU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait PDIP punya bukti 17% suara Ganjar terkunci di KPU. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/7YDQ-X73R (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER PAGI INI..!! PDIP BUNGKAM SUARA GANJAR YANG MEMBEKU DI KPU 17 % TERKUNCI INI BUKTINYA..!!

BREAKING NEWS
HAL MENGEJUTKAN TERBUNGKAM
PDIP PUNYA BUKTI 17% SUARA GANJAR TERKUNCI DI KPU

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama AKTUAL membagikan video yang menampilkan thumbnail Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bersalaman dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari dengan narasi yang menyatakan bahwa PDIP punya bukti 17 persen suara Ganjar terkunci di KPU.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tempo.co berjudul “PDIP Sebut Punya Bukti Suara Ganjar-Mahfud Dikunci 17 Persen di KPU”. Artikel tersebut membahas tentang Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto yang menanggapi bantahan KPU soal penguncian suara Ganjar Pranowo-Mahfud MD maksimal 17 persen.

Thumbnail yang menampilkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto bersalaman dengan Ketua KPU Hasyim Asy’ari tersebut sebelumnya pernah dimuat pada artikel cnnindonesia.com dengan judul “Hasto Klaim Suara Ganjar-Mahfud Dikunci 17 Persen, KPU Buka Suara”. Dalam artikel ini membahas tentang Ketua KPU Hasyim Asy’ari membantah KPU telah mengunci suara pasangan Ganjar-Mahfud hanya 17 persen di Pilpres 2024.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim PDIP punya bukti 17 persen suara Ganjar terkunci di KPU tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.tempo.co/read/1843020/pdip-sebut-punya-bukti-suara-ganjar-mahfud-dikunci-17persen-di-kpu

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240308181015-617-1072316/hasto-klaim-suara-ganjar-mahfud-dikunci-17-persen-kpu-buka-suara