[SALAH]: “Nike meluncurkan sepatu dengan logo bendera Israel”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, Faktanya sepatu dengan desain bendera Israel dalam video itu adalah hasil kustomisasi PNT BY RAY dan bukan produk resmi Nike.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: INSTAGRAM
https://perma.cc/8VPT-BFR9

=====

[NARASI]: NIKE meluncurkan sepatu berlambang Bintang Daud, menuai kritik dari banyak pihak, namun NIKE berdalih mereka juga juga mengeluarkan model berbendera Palestina. Ada yang pake tulisan ‘I support Israel’ juga, hanya 90 pasang di seluruh dunia dengan harga nyenggol 9 juta rupiah dan ditambah label bertulisan sbb.

=====

[PENJELASAN]:
Akun Instagram dengan nama pengguna “ummivira” mengunggah video dengan narasi Nike meluncurkan sepatu dengan logo bendera Israel.

Setelah melakukan penelusuran, Faktanya sepatu dengan desain bendera Israel dalam video itu adalah hasil kustomisasi PNT BY RAY dan bukan produk resmi Nike.

PNT BY RAY sendiri merupakan perusahaan berbasis jasa kustomisasi sepatu yang menerima segala merek dan permintaan desain dari klien.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang Nike meluncurkan sepatu dengan logo bendera Israel adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/03/11/salah-nike-keluarkan-sepatu-edisi-bendera-israel/
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/07/184500982/konteks-keliru-nike-tidak-membuat-sepatu-dengan-desain-bendera-israel?jxrecoid=d16d8297-fc93-40e9-8270-2bead921359b~kg_internal&source=widgetML&engine=C
https://turnbackhoax.id/2024/03/13/salah-sepatu-nike-luncurkan-sepatu-dengan-motif-bendera-israel/