[SALAH] Lowongan Pertamina di Facebook dengan cara klik link tak dikenal

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya informasi mengenai lowongan Pertamina hanya dapat diakses melalui link resmi recruitment.pertamina.com, maka dapat disimpulkan jika link pendaftaran yang tertera dalam unggahan Facebook tersebut harus diwaspadai sebagai modus melakukan kejahatan cyber.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/boFDV (arsip)

===========

[NARASI]: “Dibuka kembali Lowongan Kerja

Pertamina.  tahun 2024

Di butuhkan 5 karyawan

Lulusan: SMP SMA SMK D3 S1 yang siap kerja

Posisi :

1. Operator . Gaji Rp4,400.000

2. Operator Pom . Gaji Rp3,500.000

kriteria:

 > Umur 17thn – 45thn

Akan ditempatkan sesuai daerah setempat atau domilisi pekerja

Untuk memgitkutiselesksi

Daftar 👉

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah unggahan Facebook yang membagikan sebuah informasi mengenai adanya lowongan pekerjaan Pertamina di tahun 2024. Unggahan tersebut juga menyertakan sebuah link yang diklaim sebagai link pendaftaran kerja.

Namun rupanya unggahan tersebut berisi informasi yang tidak benar, karena melalui laman Facebook resmi milik Pertamina sendiri mereka menjelaskan bahwa semua informasi mengenai rekrutmen pegawai Pertamina hanya dapat diakses melalui recruitment.pertamina.com, selain dari link tersebut maka dapat diwaspadai sebagai link untuk modus penipuan.

Selain link website tersebut, informasi mengenai lowongan Pertamina juga dapat diakses dari alamat email resmi recruitment@pertamina.com serta diinfokan juga melalui akun Instagram @pertaminacareer untuk melihat update rekrutmen Pertamina.

Lebih lanjut, jika kita cek di akun Instagram @pertaminacareer, mereka belum mengumumkan adanya open rekrutmen di awal tahun 2024 ini, sehingga dapat dipastikan bahwa lowongan tersebut tidak benar karena pihak Pertamina sendiri menegaskan jika segala bentuk informasi rekrutmen hanya dapat diakses melalui website resmi mereka.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.facebook.com/pertamina/posts/pfbid0oovjEhnje3ufFJw2X7Cn7QmUvMohTZ9tJNiW85J5UpsorTdjyXH9NbHmUks7cZ5ul

https://www.instagram.com/pertaminacareer/