[SALAH] Palestina Dihapus Dari Daftar Negara Kelahiran untuk Passport Kanada

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Pemerintah Kanada tidak membuat perubahan apapun untuk aturan negara kelahiran dalam pembuatan passport.

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/AfRB2

===== 

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Palestina tidak lagi terdaftar dalam pilihan negara di paspor Kanada yang baru, melainkan opsi ‘No Country of Origin’ yang harus dipilih. 
Ini adalah genosida budaya.
#canada #palestine #gaza #gazaunderattack #rafah #usa #nyc #freepalestine #landpalestine”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Habatir mengunggah beberapa foto dan sebuah video yang menyatakan bahwa Canada baru-baru ini menghapus Palestina dalam daftar negara kelahiran untuk pemohon paspor Kanada yang baru. @Habatir juga menambahkan, bagi pemohon paspor yang lahir di Palestina, mereka harus memilih opsi ‘No Country of Origin’. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 1 Maret 2024. 

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Berita ini diklarifikasi langsung oleh menteri imigrasi Kanada, Marc Miller, melalui Twitter resminya. Marc Miller menyatakan bahwa tidak ada perubahan yang dilakukan baru-baru ini pada proses permohonan paspor Kanada. Marc Miller juga menambahkan, bagi pemohon yang lahir sebelum 14 Mei 1948 di Palestina, pengisian tersebut selalu dengan cara memilih opsi ‘other field’ kemudian tulis ‘Palestine’.

Informasi tersebut juga telah dibahas oleh Check Your Fact dengan judul “Fact Check: No, Canadian Passport Application Did Not Remove Palestine as Country of Birth Option”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @Habatir merupakan konten yang menyesatkan. 

===== 

Referensi: 
https://twitter.com/MarcMillerVM/status/1762281089618317768

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-palestina-dihapus-dari-daftar-negara-kelahiran-untuk-passport-kanada


https://checkyourfact.com/2024/03/04/fact-check-canadian-passport-application-remove-palestine-country-birth/