[SALAH] Presiden Zelenskyy Menggunakan Kokain Sebelum Wawancara

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid yang menunjukkan Presiden Volodymyr Zelenskyy menggunakan kokain sebelum wawancara NBC News maupun bukti bahwa Presiden Zelenskyy merupakan pecandu kokain. 

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/EoB4R

===== 

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Sementara itu, Zelenskyy tampak tidak sadarkan diri ketika ditanya tentang kekalahan perangnya dan Kongres ingin mengiriminya $60 miliar lagi”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @caldiax mengunggah cuplikan video Presiden Volodymyr Zelenskyy yang tengah berada di wawancara NBC News. @caldiax mengklaim bahwa Presiden Zelenskyy terlihat “‘coked out’ of his mind” yang merupakan kata-kata ‘slang’  yang berarti tidak sadarkan diri setelah menghirup kokain dengan jumlah yang banyak. @caldiax juga menambahkan keterangan bahwa di tengah reaksi Presiden Zelenskyy yang terlihat seperti pecandu kokain tersebut, Kongres justru ingin memberikan tambahan $60 miliar untuk Ukraina. Cuitan dan video yang diunggah pada 26 Februari tersebut telah dilihat hampir 600 kali. 

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Klaim ini telah banyak dibahas oleh beberapa media, salah satunya snopes.com. Melansir dari snopes.com, reaksi Presiden Zelenskyy di video tersebut tidak bisa secara langsung dikaitkan atau dijadikan bukti bahwa beliau menggunakan kokain sebelum interview tersebut. Selain itu, snopes.com juga menyatakan bahwa reaksi beliau ada kaitannya dengan alat penerjemah yang beliau gunakan di telinganya.

Selain itu, informasi serupa juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Volodymyr Zelenskyy Pecandu Kokain” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan. 

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @caldiax merupakan konten yang menyesatkan. 

=====  

Referensi: 
https://www.snopes.com/fact-check/zelenskyy-cocaine-nbc-interview/


https://turnbackhoax.id/2022/05/13/salah-volodymyr-zelenskyy-pecandu-kokain/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-presiden-zelenskyy-menggunakan-kokain-sebelum-wawancara