[SALAH] Gibran Sebut Program Makan Gratis Untuk Kebun Binatang

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video yang menampilkan Gibran Rakabuming Raka menyebut program makan siang gratis untuk kebun binatang adalah tidak benar. Video ini telah diedit dengan AI sehingga terdengar asli. Selain itu, video yang ditunjukkan mirip dengan video pada saat Gibran sedang menjelaskan program makan siang gratis di debat pertama cawapres 22 Desember 2023.

Simak penelusurannya

====
[KATEGORI] Satire

====
[SUMBER] Facebook
https://ghostarchive.org/archive/MMT1P

====
[NARASI] Program makan siang gratis

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di Facebook memperlihatkan Gibran Rakabuming Raka sedang berpidato mengenai program makan siang gratis. Dalam video ini, pernyataan yang dilontarkan Gibran sebagai berikut
” Kita punya program makan siang gratis. Artinya apa? binatangnya kita gemukkan. Artinya apa? membuka dunia usaha baru. Tapi sekali lagi pak, program makan siang gratis ini adalah untuk di dalam kebun binatang. Kita ingin memperluas kebun binatangnya”. Selain itu, video ini juga menampilkan potongan video hewan-hewan seperti monyet dan orang utan.

Setelah ditelusuri oleh tim pemeriksa fakta menggunakan Google lens, ternyata video ini mirip dengan video Gibran pada saat memaparkan program makan siang gratis di debat pertama cawapres pada 22 Desember 2023. Pada debat ini, Gibran mengatakan “Kami punya program makan siang gratis, banyak yang nyinyir. Tapi sekali lagi pak, program makan siang gratis ini adalah investasi untuk Indonesia emas. Program makan siang gratis 400 T ini adalah stimulan untuk ibu-ibu, warteg-warteg, warung-warung, katering yang ada di daerah-daerah”. Dari pernyataan tersebut, Gibran tida membicarakan program makan siang gratis untuk kebun binatang. Video yang diklaim di Facebook ternyata telah diedit dengan menambah cuplikan hewan-hewan dan memanfaatkan AI sehingga suaranya terdengar asli.

Dengan demikian, video yang memperlihatkan Gibran Rakabuming Raka menyebut program makan siang gratis untuk kebun binatang adalah tidak benar.

====
[REFERENSI]
https://youtu.be/2SP_kweV2yk?si=0WN_nVuyQ_hVwUEC

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20231222204026-532-1040872/gibran-akhirnya-bicara-panjang-lebar-soal-makan-siang-gratis-rp400-t/amp

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gibran-sebut-program-makan-gratis-untuk-kebun-binatang