[SALAH] Peserta Demo 1 Maret 2024 Didatangi Aparat

MENYESATKAN, mengeksploitasi waktu/momen Pemilu 2024. BUKAN peristiwa saat ini, FAKTA: video yang dibagikan berkaitan dengan penangkapan pelaku penganiayaan terhadap polisi lalu lintas di Tol Dalam Kota di depan gedung DPR/MPR RI Jakarta pada aksi demonstrasi 11 April tahun 2022 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, archive.today (arsip cadangan).

NARASI: “*Setelah Aksi kemaren, Mahasiswa langsung didatangin sama APH ke rumah dan kontrakkannya. Katanya Demokrasi tapi kayak Orba kelakuannyaTOLONG VIDEO INI DI VILARKAN DI SELURUH MEDSOS.. SHARE SELUAS LUASNYA”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan narasi/klaim yang mengeksploitasi waktu/momen Pemilu 2024 yang menyebabkan kesimpulan MENYESATKAN. FAKTA: BUKAN peristiwa saat ini, video yang dibagikan berkaitan dengan penangkapan pelaku penganiayaan terhadap polisi lalu lintas di Tol Dalam Kota di depan gedung DPR/MPR RI Jakarta pada aksi demonstrasi 11 April tahun 2022 lalu.

Verifikasi Video

Salah satu sumber video dengan konteks yang BENAR, METRO TV di YouTube pada 14 Apr 2022: “#Headlinenews #Demo Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap seorang pelaku penganiayaan terhadap polisi lalu lintas di Tol Dalam Kota, depan gedung DPR/MPR RI Jakarta Pusat, saat aksi demonstrasi pada Senin, 11 April 2022. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “penganiaya akp rudi wira”. [3]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “penganiaya akp rudi wira”. [4]

Berkaitan dengan Demo 1 Maret 2024, hasil pencarian Google News dengan kata kunci “demo 1 maret”. [5]

REFERENSI

[1] First Draft News: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Penganiaya Polantas saat Demo di Gedung DPR Ditangkap” / archive.today (arsip cadangan).

[3] Google Videos / Ghost Archive (arsip cadangan).

[4] Google News / Ghost Archive (arsip cadangan).

[5] Google News / Ghost Archive (arsip cadangan).

[6] Cekhoax.id