[SALAH] “Cak Imin dan Prabowo sudah istighotsah bareng tinggal yang lain belum”

BUKAN momen setelah pemungutan suara pemilu 2024. Momen istighosah tersebut terjadi pada Minggu, 21 Mei 2023.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK

@allinpusat_

Cak Imin dan Prabowo sudah istighotsah bareng tinggal yang lain belum #prabowogibran2024 #prabowo #cakimin

♬ suara asli – All In Pusat – All In Pusat

Arsip: https://archive.fo/wip/ypiXu 

===

NARASI:

“Cak Imin dan Prabowo sudah istighotsah bareng tinggal yang lain belum #prabowogibran2024 #prabowo #cakimin

Tinggal Pendukungnya Aja Yang Belum Rukun”

===

PENJELASAN: Beredar sebuah video yang menunjukkan kebersamaan antara Prabowo Subianto  dengan Muhaimin Iskandar tengah menghadiri momen istighotsah. Keduanya disebut-sebut telah bersatu, usai bertarung di pemilihan presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika momen istighotsah yang dihadiri oleh Prabowo dan Cak imin bukan terjadi setelah proses pemungutan suara pemilu 2024. Melansir dari akun YouTube tvOneNews pada video berjudul “Prabowo Subianto dan Cak Imin Hadiri Istgosah Nasional dan Doa Bersama”. Video tersebut diunggah pada 22 Mei 2023, yang dalam artian sebelum dilaksanakannya proses pemungutan suara pemilu 2024.

Diketahui jika istighotsah yang dihadiri oleh Prabowo dan Cak Imin tersebut terjadi di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, bertema Istighotsah Nasional dan Doa Bersama untuk keselamatan Bangsa.

Berdasar seluruh referensi, video yang menyebut jika Prabowo dan Cak Imin telah istighotsah bersama setelah pemilu adalah tidak benar. Video tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI: