[SALAH]: “Tumpukan beras yang ditimbun PDIP”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya foto Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi dengan tumpukan beras tersebut dibagikan pada tahun 2022, penyebab mahal dan langkanya beras saat ini karena para petani belum panen akibat adanya siklus cuaca El Nino yang terjadi tahun lalu.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://ghostarchive.org/archive/hadlZ

=====
[NARASI]: Akhirnya kita tahu kenapa beras jadi langka dan mahal. Inilah Hendrar Prihadi dari PDIP yg ditunjuk Presiden sbg Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP). Penimbun? Utk kampanye?
Lalu buzzer2nya teriak2 bansos, beras langka dan mahal.

=====

[PENJELASAN]:
Akun Twitter/X dengan nama pengguna “irawanka5” membagikan foto dengan narasi mahal dan langkanya beras karena ditimbun PDIP.
Setelah melakukan penelusuran ditemukan foto identik pada artikel milik Detik.com dengan judul artikel “PDIP Semarang Bagikan 57 Ton Beras Bergambar Puan Maharani”.

Dikutip dari artikel Detik.com, Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengatakan paket bantuan beras bergambar Puan itu disalurkan kepada warga yang membutuhkan. “Atas nama Partai, atas nama masyarakat Kota Semarang, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan beras untuk rakyat dari Mbak Puan ini bermanfaat, terutama untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata Hendi, yang juga Wali Kota Semarang, di kantor DPC PDIP Kota Semarang, Rabu (27/4/2022).

Saat ini peneybab kenaikan harga berasa karena para petani belum panen akibat adanya siklus cuaca El Nino yang terjadi tahun lalu. Kondisi ini membuat jumlah produksi beras mengalami penurunan yang secara otomatis membuat harga jual menjadi naik.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang mahal dan langkanya beras karena ditimbun PDIP adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/02/27/salah-beras-puan-maharani-penyebab-harga-beras-mahal/
https://www.detik.com/jateng/berita/d-6054477/pdip-semarang-bagikan-57-ton-beras-bergambar-puan-maharani#google_vignette
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tumpukan-beras-yang-ditimbun-pdip