[SALAH] Beras Puan Maharani Penyebab Harga Beras Mahal

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Faktanya, foto beras bergambar Puan Maharani tersebut dibagikan pada tahun 2022. Paket beras premium itu berbobot 5 kilogram, yang dibagikan di Kota Semarang. Terkait kenaikan beras awal 2024 ini, Presiden Joko Widodo menjelaskan penyebab harga beras naik  karena produksi beras berkurang.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/i44lc

[NARASI]
“Ternyata oh ternyata kan kan loooo ketahuan,oh gitu.!! permainannya, penyebab harga beras jadi mahal”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah foto tumpukan beras bergambar Puan Maharani yang diklaim sebagai penyebab kenaikan beras awal tahun 2024 ini. Pada foto tersebut terlihat banyak beras yang tertumpuk dengan karung/sak berwarna merah di suatu gudang. Pada karung/sak itu terdapat foto Puan Maharani. Pengunggah memberikan narasi pada unggahannya jika pembagian beras tersebut menjadi penyebab harga beras mahal.

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan Google Image Search, ditemukan foto yang identik. Foto tumpukan beras bergambar Puan Maharani itu diunggah pada artikel detik.com dengan judul “PDIP Semarang Bagikan 57 Ton Beras Bergambar Puan Maharani” pada 27 Apr 2022.

Dikutip dari artikel Detik.com, Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengatakan paket bantuan beras bergambar Puan itu disalurkan kepada warga yang membutuhkan. “Atas nama Partai, atas nama masyarakat Kota Semarang, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan beras untuk rakyat dari Mbak Puan ini bermanfaat, terutama untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata Hendi, yang juga Wali Kota Semarang, di kantor DPC PDIP Kota Semarang, Rabu (27/4/2022).

Terkait kenaikan harga beras pada Februari 2024 ini, pemerintah menjelaskan penyebabkan karena produksi beras berkurang. Dilansir dari Detik.com, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan harga beras saat ini mengalami kenaikan karena para petani belum panen akibat adanya siklus cuaca El Nino yang terjadi tahun lalu. Kondisi ini membuat jumlah produksi beras mengalami penurunan yang secara otomatis membuat harga jual menjadi naik.

[REFERENSI]
https://www.detik.com/jateng/berita/d-6054477/pdip-semarang-bagikan-57-ton-beras-bergambar-puan-maharani
https://www.tribunnews.com/regional/2022/04/27/puan-maharani-gelontor-belasan-ribu-sak-beras-untuk-rakyat-di-kota-semarang
https://www.detik.com/bali/berita/d-7201746/jokowi-jelaskan-penyebab-harga-beras-naik-ugal-ugalan
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-beras-puan-maharani-penyebab-harga-beras-mahal