[SALAH] Larutan Klorin Dioksida adalah Penangkal Segala Penyakit

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya klorin dioksida adalah bahan yang digunakan untuk menjernihkan air koran dan bahan pemutih dalam pembuatan kertas. Larutan ini jika dikonsumsi manusia dapat membentuk asam klorida dan asam hipoklorit, kedua zat tersebut dapat beracun bagi tubuh manusia.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/3cPO9

= = =

Narasi:

“CDS (Larutan Klorin Dioksida) yang menakjubkan menyembuhkan begitu banyak kondisi…. Kebangkitan yang Agung….”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi yang menyebut bahwa CDS (chlorine dioxide solution) atau larutan klorin dioksida adalah obat universal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pada beberapa gambar yang diunggah dalam postingan tersebut, disebutkan penyakit seperti gagal ginjal, penyakit pernapasan, kista ovarium, hingga penyakit parkinson.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut menyesatkan. Klorin dioksida merupakan bahan yang biasa digunakan untuk menjernihkan air koran dan bahan pemutih dalam pembuatan kertas, beberapa produk pembersih rumah tangga juga terdapat bahan klorin dioksida karena sifatnya yang dapat menghambat pertumbuhan serta membasmi bakteri dan berbagai jenis mikroba.

Pada 2020 The World Health Organization’s Pan American Health Organization (PAHO) sudah memperingatkan dampak buruk bagi tubuh dari zat ini jika dikonsumsi. PAHO menjelaskan bahwa larutan klorin dioksida akan bereaksi dengan cepat di jaringan manusia dan, jika tertelan, dapat menyebabkan iritasi pada mulut, kerongkongan, dan lambung, menyebabkan penyakit pencernaan yang parah, termasuk mual, muntah, dan diare.

Dengan demikian, larutan klorin dioksida dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.alodokter.com/ketahui-fungsi-dan-bahaya-klorin

https://iris.paho.org/bitstream/handle/10665.2/52515/PAHOMSPHECOVID-19200040_eng.pdf?sequence=1&isAllowed=y

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-larutan-klorin-dioksida-adalah-penangkal-segala-penyakit

= = =