[SALAH] CNN: Dokter Anjurkan Suntikan Vaksin Covid-19 di Penis

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya CNN tidak pernah menerbitkan artikel terkait anjuran dokter untuk menyuntikkan vaksin Covid-19 pada alat kelamin pria. Dokter di gambar tersebut mengatakan bahwa artikel itu benar-benar palsu.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/ObTeQ

= = =

Narasi:

“Doctors Encourage Covid-19 Vaccine Injections in Penis. Doctors are discovering that for male patients the penis offer the fastest release of the vaccine throughout the body. Based on findings from a University of California study ivolving 1,500 men who received the vaccine.”

“OK, one more reason not to get it..but…I have questions! #1. Whose idea was it to even try this? #2. Where did they find 1500 men to participate?”

Terjemahan:

“Dokter Anjurkan Suntikan Vaksin Covid-19 di Penis. Para dokter menemukan bahwa bagi pasien pria, penis merupakan tempat pelepasan vaksin tercepat ke seluruh tubuh. Berdasarkan temuan penelitian Universitas California yang melibatkan 1.500 pria yang menerima vaksin.”

“Oke, satu lagi alasan untuk tidak mendapatkannya..tapi…Saya punya pertanyaan! #1. Ide siapa yang mencoba ini? #2. Di mana mereka menemukan 1500 orang untuk berpartisipasi?”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah tangkapan layar seperti artikel berita CNN yang menginformasikan bahwa dokter menganjurkan suntikan vaksin Covid-19 karena penis merupakan tempat pelepasan vaksin tercepat ke seluruh tubuh. Hal ini berdasarkan temuan penelitian dari Universitas California yang melibatkan 1.500 pria.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan, tidak ditemukan artikel CNN seperti klaim tersebut. Juru bicara CNN kepada Reuters.com mengatakan bahwa gambar tangkapan layar tersebut dibuat-buat.

Sejak Januari 2021, dr. Mohitkumar Ardeshana, dokter yang ditampilkan dalam gambar, membantah klaim tersebut. “Artikel itu sepenuhnya palsu. Saya belum mengatakan apa pun tentang penelitian semacam itu,” ujar dr. Mohitkumar dalam bantahannya melalui Boomlive.in.

Perlu diketahui bahwa vaksin Covid-19 merupakan salah satu jenis vaksin yang menggunakan rute intramuskular, dengan menyuntikkan vaksin pada jaringan otot, dan biasanya pada jaringan otot di lengan bagian atas. Vaksin dengan rute intramuskular ini dapat dengan cepat diserap dengan tubuh karena otot memiliki suplai darah yang melimpah untuk sirkulasi ke seluruh tubuh.

Dengan demikian, dokter menganjurkan suntik vaksin di penis bagi pria adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/cnn-headline-covid-19-injections-penis-is-fake-2024-02-20/

https://www.boomlive.in/fact-check/fact-check-viral-news-doctors-covid-19-vaccine-injections-in-penis-cnn-news-11392?infinitescroll=1

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/covid-19/mengapa-vaksin-covid-19-harus-disuntikkan-di-lengan-ini-jawabannya/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-cnn-dokter-anjurkan-suntikan-vaksin-covid-19-di-penis

= = =