[SALAH]: “NASDEM DUKUNG GANJAR SOAL USULAN HAK ANGKET”

Hasil pemeriksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, Nasdem masih menunggu keputusan sikap PDIP yang merupakan inisiator awal yang mengusulkan penggunaan soal hak angket dan belum ada informasi lanjut dari PDIP sampai saat ini.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://ghostarchive.org/varchive/uN1ABCHwb18

=====

[NARASI]: GEGER SORE INI..!!! NASDEM AMBIL KEPUTUSAN MENGEJUTKAN DUKUNG GANJAR USULKAN HAK ANHKET

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “AKTUAL” pada tanggal 25 Frebuari membagikan video dengan narasi Nasdem dukung ganjar Pranowo untuk usulkan hak angket.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video identik dengan foto pada artikel milik Detik.com dengan judul artikel “NasDem Serahkan SK Cagub ke Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo”.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel tempo.co dengan judul “Hak Angket Usulan Ganjar Didukung NasDem-PKB-PKS, Bagaimana dengan PDIP-PPP?”.

Nasdem masih menunggu keputusan sikap PDIP yang merupakan inisiator awal yang mengusulkan penggunaan soal hak angket dan belum ada informasi lanjut dari PDIP sampai saat ini.

Dengan demikan, klaim tentang Nasdem dukung ganjar Pranowo untuk usulkan hak angket adalah keliru dan masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/berita/d-3802996/nasdem-serahkan-sk-cagub-ke-ridwan-kamil-dan-ganjar-pranowo
https://nasional.tempo.co/read/1836938/hak-angket-usulan-ganjar-didukung-nasdem-pkb-pks-bagaimana-dengan-pdip-ppp
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-nasdem-dukung-ganjar-soal-usulan-hak-angket