[SALAH] ADIAN NAPITUPULU AKAN BAWA BUKTI KECURANGAN MILIK GIBRAN DI SIDANG HAK ANGKET

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait Adian akan bawa bukti kecurangan Gibran di sidang hak angket. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan dari peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/JXH3-39QN (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER HARI INI || GIBRAN TERPANCING EMOSI ADIAN SEBUT BAWA BUKTI CURANG MILIK GIBRAN DI HAK ANGKET

BERITA TERBARU
AMARAH GIBRAN MAKIN MELUAP
ADIAN AKAN BAWA BUKTI KECURANGAN INI DI SIDANG HAK ANGKET

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KUMPARAN TV bernarasikan Gibran terpancing emosi akibat Adian Napitupulu sebut bawa bukti kecurangan milik Gibran di sidang hak angket.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi. Video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan dari peristiwa berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Pada awal video terdapat narasi yang membahas tentang pakar hukum tata negara dari Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah yang mengatakan penggunaan hak angket untuk mendorong DPR mengusut dugaan kecurangan pada Pemilu 2024 bisa berujung pada pemakzulan Presiden Jokowi. Narasi tersebut merujuk ke salah satu artikel tempo.co berjudul “Pakar Sebut Hak Angket DPR Bisa Berujung Pemakzulan Presiden Jokowi”.

Selanjutnya, narasi yang membahas tentang Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP TB Hasanuddin angkat bicara soal aspirasi sejumlah organisasi masyarakat sipil untuk memakzulkan Presiden Jokowi tersebut bersumber dari artikel kompas.tv dengan judul “Politikus PDIP: Pemakzulan Presiden Jokowi Bisa Dilakukan DPR dengan Hak Angket”.

Selain itu, narator dalam video tersebut juga membacakan artikel dari jpnn.com berjudul “Yusril Tanggapi soal Hak Angket dan Pemakzulan Jokowi, Ada Kata Membahayakan”. Artikel ini membahas tanggapan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra soal hak angket mengenai kecurangan Pemilu 2024 yang disebut akan diajukan oleh Ganjar ke DPR.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang disebarluaskan oleh channel youtube KUMPARAN TV tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.tempo.co/read/1837373/pakar-sebut-hak-angket-dpr-bisa-berujung-pemakzulan-presiden-jokowi

https://www.kompas.tv/nasional/487401/politikus-pdip-pemakzulan-presiden-jokowi-bisa-dilakukan-dpr-dengan-hak-angket

https://m.jpnn.com/news/yusril-tanggapi-soal-hak-angket-dan-pemakzulan-jokowi-ada-kata-membahayakan