[SALAH] “TEGA KALIAN TIDAK AJAK ANIS BUAT MAKAN MALAM GRATIS DI ISTANA”

Unggahan dibarengi hastag Prabowo Gibran 2024. Namun foto tersebut TIDAK berkaitan dengan pemilu 2024. FAKTANYA foto tersebut diambil pada tahun 2022, yang merupakan momen menuju Istana menjelang pelantikan menteri dan wakil menteri.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK

https://vt.tiktok.com/ZSFksqyhM/

Arsip: https://archive.fo/EIK4s 

===

NARASI:

“TEGA KALIAN TIDAK AJAK ANIS BUAT MAKAN MALAM GRATIS DI ISTANA

#jokowidodopresidenkita #koalisiindonesiamaju #prabowogibran2024”

===

PENJELASAN: Beredar sebuah foto yang memperlihatkan sosok Presiden RI Joko Widodo bersama dengan beberapa Ketua Partai seperti Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Airlangga Hartanto, Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, Zulkifli Hasan, dan Suharso Manoarfa tengah berjalan. Foto tersebut diunggah oleh akun TikTok @allepean3 dengan narasi bahwa Anies Baswedan tidak diajak makan malam gratis di Istana, beserta hastag “#jokowidodopresidenkita #koalisiindonesiamaju #prabowogibran2024”.

Sampai dengan artikel ini dibuat, unggahan tersebut telah disaksikan lebih dari 3,8 juta pengguna TikTok dan dibagikan ulang sebanyak 1.277 kali. Bahkan banyak dari netizen yang mempercayai jika foto tersebut merupakan momen makan malam di Istana setelah pemilu 2024 berlangsung, seperti memberikan komentar “makan malam istana negara 2024 anis gak di ajak”.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika foto tersebut tidak berkaitan dengan pemilu 2024. Melansir dari antaranews.com pada artikel berjudul “Jokowi jamu ketum parpol koalisi sebelum pelantikan sejumlah menteri baru” yang terbit pada 15 Juni 2022. Dijelaskan pada artikel tersebut jika foto yang beredar merupakan momen di mana Jokowi bersama sejumlah ketua umum partai politik tengah berjalan menuju lokasi pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di lingkungan Istana Kepresidenan pada Rabu, 15 Juni 2022.

Berdasar seluruh referensi, unggahan foto oleh akun TikTok @allepean3 bahwa Anies tidak diajak makan malam di Istana adalah TIDAK SESUAI FAKTA. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tega-kalian-tidak-ajak-anis-buat-makan-malam-gratis-di-istana

https://makassar.antaranews.com/berita/398569/jokowi-jamu-ketum-parpol-koalisi-sebelum-pelantikan-sejumlah-menteri-baru
https://www.liputan6.com/news/read/4987804/potret-keakraban-jokowi-megawati-dan-ketum-parpol-koalisi-saat-pelantikan-menteri
https://news.detik.com/berita/d-6129090/pelantikan-menteri-hari-ini-3-hal-ini-jadi-momen-tak-biasa