[SALAH] Ketua KPU Ketuk Palu Dan Mengesahkan Anies Baswedan Jadi Presiden RI

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim ketua KPU telah mengesahkan Anies Baswedan jadi Presiden RI adalah konten yang menyesatkan. Faktanya hingga saat ini 26 Februari 2024 belum ada pengumuman resmi dari KPU terkait pemenang dalam Pilpres 2024.

====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/t9hTO

====
[NARASI]: “Ketua KPU Ketuk Palu Dan Sah Kan Anis Baswedan Jadi Presiden RI ”

====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “Relawan Anis” mengunggah video dengan klaim bahwa Ketua KPU Ketuk Palu Dan Mengesahkan Anies Baswedan Jadi Presiden RI. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Dalam unggahan video tersebut menampilkan Paslon Anies-Cak Imin bersama Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Foto tersebut diambil ketika pasangan Anies dan Cak Imin resmi mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan wakil presiden ke KPU.

Setelah ditelusuri tidak ada bukti kredibel terkait klaim dalam video. Berdasarkan video yang diunggah akun Youtube METRO TV, saat ini perhitungan suara real count oleh KPU masih dalam proses. Yaitu pada tanggal 25 Februari 2024 perolehan suara paslon 01 sebesar 24,37%, paslon 02 sebesar 58,83%, dan paslon 03 sebesar 16,8% dengan total data masuk 76,71%. Sehingga dapat disimpulkan unggahan video dengan klaim di atas merupakan konten yang menyesatkan.

==========

[REFERENSI]

[1]
https://youtu.be/Futyfg49XDg?si=-FOnovRb6Cs3eP1K
[2]
https://www.detik.com/sumut/berita/d-6990421/anis-cak-imin-capres-dan-cawapres-pertama-daftar-ke-kpu
[3]
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ketua-kpu-ketuk-palu-dan-mengesahkan-anies-baswedan-jadi-presiden-ri