[SALAH] Gibran Rakabuming Gunakan Kata Kasar di Sosial Media

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya akun @GibranRakabumi tersebut bukan merupakan akun Twitter asli milik Gibran, akun Twitter resmi Gibran adalah @gibran_tweet dan di akun resminya tersebut tidak ditemukan cuitan dengan kalimat yang dinilai kasar tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Instagram https://ghostarchive.org/archive/OhW9b (arsip)

===========

[NARASI]: “Apa pantas seorang kandidat cawapres menulis kata sekasar begini. Dan terbukti tak hanya ini saja ditiap penjelasan selalu ada kata kalimat kiasan perbinatangan. Sangat tak patut, rakyat dianggapnya kebun binatang. Status ditulis pasca AHY dilantik.”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar di sosial media sebuah video yang berisikan hasil screenshot yang menampilkan cuitan sosial media Twitter/X milik akun bernama @GibranRakabumi yang mengetikkan sebuah kalimat, “Cara menaklukkan anjing adalah dengan memberinya tulang. Ahai!”.

Video yang berisi hasil screenshot cuitan tersebut kemudian diunggah oleh beberapa akun sosial media lainnya, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @actionerfinahakim. Postingan tersebut menuai banyak respon negatif dari netizen karena dinilai jika kalimat tersebut sama sekali tidak pantas diucapkan oleh seorang cawapres.

Namun, setelah dilakukan pengecekan fakta ditemukan hasil jika akun yang bernama @GibranRakabumi tersebut bukan merupakan akun Twitter resmi milik Gibran Rakabuming Raka. Akun Twitter asli milik Gibran adalah @gibran_tweet yang sudah memiliki follower mencapai 1 juta lebih, sedangkan akun tiruan tersebut hanya memiliki follower sebanyak 135 ribu saja.

Melalui hasil temuan tersebut maka dapat dipastikan jika akun yang mengatasnamakan Gibran tersebut merupakan akun tiruan, karena di akun Twitter asli milik Gibran (@gibran_tweet) tidak ditemukan sebuah cuitan dengan kalimat kasar tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://twitter.com/GibranRakabumi/status/1760208933984330048

https://twitter.com/gibran_tweet

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gibran-rakabuming-gunakan-kata-kasar-di-sosial-media