[SALAH] Cak Imin Ambil Keputusan Nyatakan Gabung Dengan Prabowo Gibran

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Cak Imin memutuskan bergabung dengan Prabowo Gibran adalah konten yang dimanipulasi. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://youtu.be/egTROhjQ-lk?si=fI-1-AWq1A__Cegk

=====
[NARASI]: “CERDAS & BERANI CAK IMIN AMBIL KEPUTUSAN !! PRABOWO GIBRAN LANGSUNG PIDATO NYATAKN RESMI BERGABUNG”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube “Info Bola Terbaru” pada 25 Februari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Cak Imin memutuskan bergabung dengan Prabowo Gibran. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Unggahan tersebut sama sekali tidak membahas sebagaimana klaim video, melainkan hanya membahas partai-partai yang diprediksi akan menjadi oposisi dan partai yang akan bergabung dengan Prabowo-Gibran. Dan narasi dalam video diambil dari artikel milik antara Kompas.com berjudul “Nasdem-PKB Diprediksi Gabung Prabowo-Gibran, PDI-P dan PKS Oposisi” yang diupload 19 Februari 2024 lalu.

Setelah dilakukan penelusuran tidak ada bukti valid terkait Gabungnya Cak Imin dengan Prabowo-Gibran. Selain itu juga tidak ada bukti pidato oleh Prabowo-Gibran seperti pada klaim. Pada awal video tampak Prabowo dan Cak Imin sedang menyampaikan suatu hal di depan media. Setelah ditelusuri pidato tersebut dilakukan sebelum Pilpres dilakukan.

Berdasarkan tayangan video di kanal Youtube tvOneNews pada tanggal 10 April 2023 yang berjudul “Cak Imin Berikan Selamat Kepada Prabowo karena Meningkatnya Elektabilitas”, video tersebut diketahui saat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendatangi kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk membahas koalisi. Foto dalam thumbnail pun merupakan hasil editan dengan mengganti wajah Mahfud MD menjadi Gibran. Dikutip dari framborsfm.com, foto tersebut diambil ketika Mahfud MD mengumumkan pembubaran FPI. Dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan di atas adalah konten yang dimanipulasi.
==========
[REFERENSI]:
[1] https://nasional.kompas.com/read/2024/02/19/12172571/nasdem-pkb-diprediksi-gabung-prabowo-gibran-pdi-p-dan-pks-oposisi
[2]
https://youtu.be/H3mQ9fZdEdM?si=Il8g93icF9t0zBfJ
[3] https://www.pramborsfm.com/news/breaking-news-fpi-dibubarkan-dan-ditetapkan-sebagai-organisasi-terlarang
[4] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-cak-imin-ambil-keputusan-nyatakan-gabung-dengan-prabowo-gibran