[SALAH] AKTIVIS 98 PIMPIN AKSI DEMO MAHASISWA KE KPU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait aktivis 98 pimpin aksi demo makasiswa ke KPU. Thumbnail yang ditampilkan merupakan foto aksi demo mahasiswa di depan kompleks parlemen DPR/MPR Senin, 11 April 2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/3LHE-8YUD (Youtube)

=======

[NARASI]:
SUDAH TAK TERTOLONG LAGIAKTIVIS 98 SAMPAI TURUN GUNUNG PIMPIN DEMO KECURANGAN PEMILU 2024 DI KPU

BERITA TERBARU
AKTIVIS 98 TURUN GUNUNG
AKSI DEMONSTRASI MAHASISWA KE KPU DI PIMPIN AKTIVIS 98

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KUMPARAN TV yang menampilkan thumbnail aksi demonstrasi dengan narasi yang menyatakan bahwa aktivis 98 turun gunung pimpin demo mahasiswa ke KPU terkait kecurangan pemilu 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan aksi demonstrasi tersebut identik dengan foto yang diunggah oleh artikel cnnindonesia.com pada 12 April 2022 dengan judul “Demo Mahasiswa 11 April Tolak Tunda Pemilu, Efektif atau Gagal?”.

Foto tersebut merupakan foto Massa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggalar aksi unjuk rasa di depan kompleks parlemen DPR/MPR terkait penolakan wacana penundaan pemilu, perpanjang masa jabatan Presiden tiga periode hingga memprotes kenaikan harga BBM, tarif PPN kelangkaan minyak goreng dan lainnya di Senayan, Jakarta, Senin, 11 April 2022.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tempo.co berjudul “Demo di KPU, Massa Tolak Pemilu Curang hingga Ancam Aksi Lebih Besar” yang dimuat pada 16 Februari 2024.

Artikel tersebut membahas tentang Massa aksi yang mengatasnamakan Kelompok Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi dan Pemilu melakukan demonstrasi di depan gedung Komisi Pemilihan Umum atau KPU di Jakarta Pusat, Jumat, 16 Februari 2024. Mereka menganggap Pemilu 2024 sarat akan kecurangan.

Selain itu, narator dalam video tersebut juga membacakan artikel dari tempo.co berjudul “Lokataru Laporkan Intimidasi terhadap Mahasiswa oleh Diduga Preman saat Demo Kecurangan Pemilu” yang diunggah pada 18 Februari 2024.

Dalam artikel ini membahas terkait Direktur Eksekutif Lokataru Foundation, Delpedro Marhaen, melaporkan kasus intimidasi dan kekerasan yang dilakukan oleh belasan orang diduga preman terhadap mahasiswa saat demonstrasi di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan bahwa aktivis 98 turun gunung pimpin demo mahasiswa ke KPU terkait kecurangan pemilu 2024 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220412092553-20-783553/demo-mahasiswa-11-april-tolak-tunda-pemilu-efektif-atau-gagal

https://nasional.tempo.co/read/1834364/demo-di-kpu-massa-tolak-pemilu-curang-hingga-ancam-aksi-lebih-besar

https://metro.tempo.co/read/1834851/lokataru-laporkan-intimidasi-terhadap-mahasiswa-oleh-diduga-preman-saat-demo-kecurangan-pemilu

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-aktivis-98-pimpin-aksi-demo-mahasiswa-ke-kpu