[SALAH] Tidak Ada Kibaran Bendera Merah Putih Pada Kampanye 01 Di JIS

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim tidak ada kibaran bendera merah putih pada saat kampanye Paslon 01 di JIS adalah konten yang menyesatkan. Faktanya unggahan tersebut hanya menampilkan potongan video dari keseluruhan rangkaian acara kampanye paslon 01 di JIS.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]:https://ghostarchive.org/archive/2QYCs

====
[NARASI]:
“Info terkini dari JIS, kampanye #01 tidak ada satupun bendera Merah Putih yang dikibarkan disana kecuali bendera Palestine dan bendera Partai.
Jadi sebetulnya ini kampanye pemilihan Presiden negara mana yah??? ”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna Morgen Sirait pada tanggal 11 Februari mengunggah video dengan klaim bahwa pada saat kampanye 01 yakni pasangan Anies-Muhaimin tak ada satupun bendera merah putih yang dikibarkan. Akun tersebut juga menuliskan bahwa hanya ada kibaran bendera partai dan bendera Palestina di JIS. Faktanya unggahan tersebut hanya menampilkan potongan video dari keseluruhan rangkaian acara kampanye paslon 01 di JIS.

Unggahan video tersebut hanya berdurasi 48 detik, sedangkan acara kampanye pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berlangsung selama berjam-jam. Berdasarkan unggahan channel Youtube CNN Indonesia yang berjudul “(FULL) Pidato Kampanye Akbar Anies-Cak Imin di JIS” tepatnya pada menit 29:44 sangat jelas terdapat kibaran bendera merah putih. Dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim di atas adalah konten yang menyesatkan.

==========

[REFERENSI]

[1]
https://www.liputan6.com/amp/5525816/7-pernyataan-anies-baswedan-dalam-orasi-di-jis-saat-kampanye-akbar-terakhir-pemilu-2024
[2] https://youtu.be/w1ej0Mzev2s?si=F5DMuPo1ciEBykJZ
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tidak-ada-kibaran-bendera-merah-putih-pada-kampanye-01-di-jis