[SALAH] Jokowi Pernah Berjanji ada 10 Juta Lapangan Kerja yang Ternyata Untuk WNA China

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan judul yang Jokowi pernah berjanji ada 10 juta lapangan kerja yang ternyata untuk WNA China, sedangkan rakyat sendiri banyak yang menganggur merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://ghostarchive.org/archive/pItvR

=======

[NARASI]:
“JOKOWI PERNAH BERJANJI ADA 10 JUTA LAPANGAN KERJA TERNYATA LAPANGAN KERJA ITU UNTUK RAKYAT CHINA KOMUNIS
RAKYAT SENDIRI BANYAK YG NGANGGUR , CEBONG TERLUNTA LUNTA , NGANGGUR , MISKIN BAHKAN BANYAK YG STRES DAN BERUJUNG BUNUH DIRI KARENA TAK KUAT HADAPI DERITA HIDUP YG MAKIN SULIT DAN MENCEKIK

ITULAH JANJI JANJI KADER KADER PDIP YG TAK PERNAH DIREALISASIKAN OLEH JOKOWI
DAN MOGA JANGAN SAMPAI KADER PDIP BERKUASA LAGI

Bukan hanya disewakan untuk demo saja tapi disuruh ikut nyoblos pasti bisa menang nih penyewanya *Jokowoow menepati janji nya guy, MENYEDIAKAN 10 JUTA LAPANG KERJA. Tp bkn untuk rakyat Indonesia, melainkan para benalu SIPIT CHINA KOMUNIS “

=======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook “Arya Panangsang” pada 1 Agustus 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Jokowi pernah berjanji ada 10 juta lapangan kerja yang ternyata untuk WNA China, sedangkan rakyat sendiri banyak yang menganggur. Setelah dilakukan penelusuran tidak ada bukti terkait klaim tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut tampak sejumlah pekerja asing yang sedang mengendarai sepeda listrik secara bersamaan. Ternyata setelah ditelusuri, video pada unggahan tersebut diambil dari salah satu akun Youtube https://youtube.com/@Skuter_shop. Video tersebut merupakan iklan dari salah satu toko skuter yang berasal dari Uzbekistan.

Terkait janji Jokowi yang akan menyediakan 10 juta lapangan pekerjaan dinyatakan sudah tercapai. Dilansir dari cnnindonesia.com menyatakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat sepanjang 2015-2018, total penciptaan lapangan kerja baru mencapai 10,34 juta. Dengan demikian, target penciptaan 10 juta lapangan kerja baru Presiden Joko Widodo pada 2015-2019 telah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim di atas adalah konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
[1] https://youtube.com/shorts/bE_vJZDsIDs?si=7LJdhmD9yHMz8pjN
[2] https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190108144436-532-359294/target-10-juta-lapangan-kerja-jokowi-tercapai
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jokowi-pernah-berjanji-ada-10-juta-lapangan-kerja-yang-ternyata-untuk-wna-china