[SALAH] Ulat Bulu Ini Membunuh 16 Anak

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, postingan yang beredar di Facebook dan menyertakan keterangan mengenai ulat yang berasal dari Amerika telah membunuh 16 anak tidak benar adanya. Ulat ini merupakan puss caterpillar atau ulat bulu kucing. Ulat ini memang memiliki racun tetapi tidak ditemukan data serta berita yang menerangkan bahwa ulat tersebut membunuh 16 anak.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://web.archive.org/web/20240223014810/https://www.facebook.com/mahdalena.adhdhoifah/videos/775335590707841/?mibextid=oFDknk

====
[NARASI]
” Himbauan kalo melihat hewan ini tolong hindari apa lg anak-anak. ini ulat dari America (ulat bulu kucing) nampaknya ulat ini sudah membunuh anak 16 jiwa. awal dikira anak burung jatuh setelah dipegang anak itu kejang-kejang dan tak lama meninggal racunnya melebihi bisa ular. info dapat dari group”.

====
[PENJELASAN]
Sebuah postingan beredar di Facebook berupa video yang diketahui sekumpulan ulat berbulu tebal. Dalam video ini dijelaskan bahwa ulat tersebut telah membunuh 16 anak karena memiliki racun yang melebihi bisa ular. Dalam video ini juga disertakan himbauan untuk masyarakat terutama anak-anak agar berhati-hati ketika melihat hewan ini. Postingan ini telah dilihat lebih dari 900 tayangan dan disukai beberapa orang.

Setelah ditelusuri, dikutip dari laman http://Liputan6.com ulat yang ditampilkan dalam video tersebut adalah puss caterpillar atau ulat kucing/asp. Ulat ini memiliki racun yang sangat menyakitkan. Ulat ini banyak ditemukan di wilayah Amerika Serikat dan memiliki sengatan menyakitkan dari duri beracun yang tersembunyi diantara bulu-bulu lebatnya.

Dilansir dari. situs http://ngopibareng.id, meskipun ulat ini memiliki racun di durinya ternyata tidak menyebabkan kematian bagi manusia yang sehat. Sengatan memang dapat menimbulkan gejala seperti sakit, bengkak, mual, dan demam. Namun, gejala ini dapat hilang dalam beberapa hari.

Sementara itu, klaim yang menyebutkan bahwa ulat ini telah membunuh 16 anak tidak benar adanya. Tidak ditemukan data yang mendukung pernyataan tersebut. Hanya ditemukan berita tentang ” Seorang Anak di Texas Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Tersengat Ulat Paling Beracun di Amerika”. Dalam berita ini juga dikatakan bahwa anak tersebut tidak sampai kehilangan nyawa akibat sengatan ulat ini.

Dengan demikian, postingan yang menyatakan bahwa ulat yang berasal dari Amerika telah membunuh 16 anak tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5534101/cek-fakta-tidak-benar-ulat-dalam-video-ini-sangat-berbisa-dan-membunuh-16-anak

https://www.ngopibareng.id/read/cek-fakta-ulat-berbisa-ini-sudah-membunuh-16-anak

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ulat-bulu-ini-membunuh-16-anak