[SALAH] ROCKY GERUNG TUNJUKKAN VIDEO KECURANGAN PEMILU DARI KPU DAN BAWASLU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait Rocky Gerung menunjukkan video kecurangan Pemilu dari KPU dan Bawaslu. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/372S-TA3Z (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER MALAM INI || ROCKY GERUNG TUNJUKKAN VIDEO KECURANGAN PEMILU ,TAK DISANGKA KPU PELAKUNYA

BERITA TERBARU
ROCKY GERUNG TUNJUKKAN VIDEO
TERNYATA KPU DAN BAWASLU SAMA SAMA BERBUAT CURANG

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KUMPARAN TV dengan narasi yang menyatakan bahwa Rocky Gerung menunjukkan video kecurangan Pemilu dari KPU dan Bawaslu.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi. Beberapa cuplikan yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Pada awal video terdapat narasi yang membahas tentang calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan mengakui pihaknya terus intens berkomunikasi dengan kubu capres nomor urut 03, Ganjar-Mahfud soal dugaan kecurangan Pilpres 2024. Narasi tersebut bersumber dari artikel cnnindonesia.com berjudul “Anies Akui Intens Komunikasi dengan Ganjar soal Kecurangan Pemilu”.

Selanjutnya narator dalam video tersebut membacakan artikel dari tribunnews.com berjudul “Anies Sebut Timnas AMIN dan TPN Ganjar-Mahfud Komunikasi soal Dugaan Kecurangan”. Artikel ini membahas tentang pertemuan Anies Baswedan dengan Mahfud MD dalam acara pengukuhan tiga Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Selain itu, narator dalam video juga membacakan artikel dari kompas.com dengan judul “Saat Kubu Anies dan Ganjar Kompak Bersuara Soal Dugaan Kecurangan Pilpres 2024”. Dalam artikel tersebut membahas tentang dugaan kecurangan Pemilu 2024 disuarakan oleh pasangan capres dan cawapres Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud.

Dengan demikian narasi dengan klaim Rocky Gerung menunjukkan video kecurangan Pemilu dari KPU dan Bawaslu tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240217155331-617-1063983/anies-akui-intens-komunikasi-dengan-kubu-ganjar-soal-kecurangan-pemilu

https://video.tribunnews.com/view/700843/anies-sebut-timnas-amin-dan-tpn-ganjar-mahfud-komunikasi-soal-dugaan-kecurangan

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/17/11331891/saat-kubu-anies-dan-ganjar-kompak-bersuara-soal-dugaan-kecurangan-pilpres?page=all

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-rocky-gerung-tunjukkan-video-kecurangan-pemilu-dari-kpu-dan-bawaslu