[SALAH] Rekaman Suara Pak Prabowo Bocor

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo).

Faktanya klaim rekaman suara Prabowo bocor tidak benar. Audio yang digunakan merupakan potongan pada menit 05.14-06.55 dari talkshow di tvOne dengan judul “Satu Jam Lebih Dekat Bersama Prabowo” yang diunggah pada 18 Desember 2023 di kanal YouTube Talk Show tvOne RELOAD. Dalam deskripsi video, disebutkan bahwa unggahan tersebut merupakan tayangan ulang dari talkshow yang tayang di tvOne pada 15 September 2014.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI

Sebuah akun Tiktok dengan nama @informasi_hariini mengunggah sebuah konten dengan narasi “Percakapan Prabowo Bocor”

Konten tersebut berisi percakapan audio Prabowo dengan seseorang. Narasi yang tertulis pada visual konten tersebut sebagai berikut:

“Rekaman Suara Pak Prabowo, yakin dengan pilihan kalian setelah dengarkan rekaman ini
Pantas orang-orang Indonesia jadi TKI di luar negeri, tapi orang asing di rekrut ke Indonesia dan diberi gaji yang tinggi”


==========================

PENJELASAN:

Akun Tiktok dengan nama @informasi_hariini mengunggah sebuah konten pada 12 Februari 2024
https://vt.tiktok.com/ZSFMt2UwE/ (https://archive.md/zEnx3 arsip) yang berisi audio percakapan Prabowo. Konten tersebut disebarkan dengan klaim kebocoran percakapan Prabowo.

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan kata kunci “Talkshow Prabowo” didapati sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube Talk Show tvOne RELOAD yang diunggah pada 18 Desember 2023 dengan judul “Satu Jam Lebih Dekat Bersama Prabowo.” Pada deskripsi video tertulis bahwa unggahan tersebut merupakan tayangan ulang dari talkshow yang tayang di tvOne pada 15 September 2014.

Audio yang ramai beredar merupaka potongan pada beberapa menit awal video tersebut, di antaranya pada menit ke:

05.15 “Jadi saya pikir, saya mau konsentrasi pada program ini”

05.46-06.13 “Jadi Indonesia ini nggak boleh punya pemimpin yang bersih dan kuat, itu tidak boleh. Indonesia harus dipelihara dalam posisi sekarang, sebagai pasar sumber bahan baku Indonesia. Orang Indonesia itu pelayan, dan itu intinya itu, orang Indonesia harus bodoh, pelayan, kacung”

06.32-06.55 “Orang Indonesia ini mau dipelihara sebagai kacung, pesuruh. Kamu boleh TKI, kamu boleh kerja di kebun-kebun saya, memetik, kamu boleh jadi tukang sapu, jadi pembantu di keluarga saya, kamu tidak boleh punya mobil buatan Indonesia, kamu tidak boleh jadi negara modern”

Konteks dari cuplikan percakapan Prabowo dengan Alfito Deannova Gintings tersebut adalah tentang bentuk-bentuk rasialisme dari negara-negara lain terhadap Indonesia.

Dengan demikian, klaim yang beredar bahwa konten tersebut merupakan percakapan Prabowo yang bocor, tidak benar.


========================

REFERENSI:
(1)    https://youtu.be/_FaK88NRf9g?si=aM_JkfK48BDjBGfb
(2) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-rekaman-suara-pak-prabowo-bocor