[SALAH] Gempa 10,3 Magnitude Guncang Kalimantan Selatan pada 20 Februari 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi gempa 10,3 magnitude yang menerjang Kalses pada 20 Februari 2023. Faktanya gempa yang terjadi di Kalsel yang dibahas dalam video adalah gempa yang terjadi pada 13 Februari 2023 dan hanya sebesar 4,7 magnitude.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/ZHrBglTF8NM  (arsip)

===========

[NARASI]: “BARU SAJA 20 FEBRUARI 2024 KALIMANTAN SELATAN MENJERIT,GEMPA MAGNITUDE 10,3 GEMPUR BUMI KALSEL”

===========

[PENJELASAN]: Pada 20 Februari 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul mengenai terjadinya gempa berkekuatan magnitude 10,3 yang menggempur Kalimantan Selatan.

Pada thumbnail video ditampakan sebuah foto gedung yang terlihat runtuh miring yang seolah merupakan salah satu gedung yang berada di Kalimantan Selatan. Namun, saat dilakukan pencarian gambar serupa ternyata foto gedung yang ambruk tersebut diambil dari foto gedung yang ambruk di Taiwan akibat gempa berkekuatan 6,3 magnitude.

Selain itu, saat disimak ternyata isi video justru menjelaskan peristiwa gempa yang menimpa Kalsel pada 13 Februari 2024 lalu yang mana gempa tersebut hanya memiliki kekuatan sebesar 4,7 magnitude dan gempa dangkal itu pun tidak berpotensi tsunami dan tak sampai merusak bangunan.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya gempa sebesar 10,3 magnitude yang mengguncang Kalsel adalah tidak benar. Faktanya gempa yang terjadi di Kalsel tersebut hanya sebesar 4,7 magnitude dan tidak sampai merusak bangunan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/02/13/gempa-m-47-tak-menimbulkan-kerusakan-di-kalsel

https://punchng.com/buildings-tilt-on-sides-as-earthquake-hits-taiwan/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gempa-103-magnitude-guncang-kalimantan-selatan-pada-20-februari-2024