[SALAH] “PRABOWO DAN SURYA PALOH BERSATU UNTUK INDONESIA EMAS”

Faktanya video tersebut tidak berkaitan dengan pemilu 2024, dan tidak membahas seputar Indonesia Emas. Pertemuan tersebut bertema siaturahmi kebangsaan, yang terjadi pada 13 Oktober 2019.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK

Arsip https://archive.fo/5tYEr

===

NARASI: “PRABOWO DAN SURYA PALOH BERSATU UNTUK INDONESIA EMAS”

indonesia #jokowi #prabowo #prabowosubianto #prabowopresiden2024 #ganjar #aniesbaswedan #pemilu2024 #pilpres2024 #gibran #gibranrakabuming #kamibersamajokowi #indonesiaid #indonesiamaju #viral #beritatiktok #beritaditiktok #prabowo2024#gibran2024#prabowopresiden#jakarta#solo#jawa#surabaya#bali#Yogyakarta#bandung#prabowomenang#KitaSemuaIndonesia#KitaSemuaPrabowo#fyp#fyp#fyp#viral

===

PENJELASAN: Beredar sebuah video yang memperlihatkan Prabowo Subianto tengah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Dalam video yang disebarkan oleh akun TikTok bernama @srl_ayu_lestari tersebut, turut serta diikuti dengan narasi yang menyebut jika Prabowo dan Surya Paloh telah bersatu untuk menuju Indonesia Emas. Unggahan tersebut juga menyertakan hastag yang berhubungan dengan pemilu 2024, seperti di antaranya “#prabowopresiden2024, #pemilu2024, #pilpres2024” dan beberapa hastag lainnya. Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah dibagikan sebanyak 68 kali oleh pengguna TikTok lainnya.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika video tersebut tidak berkaitan dengan pemilu 2024. Melansir dari akun YouTube CNN Indonesia pada video berjudul “Bertemu Prabowo, Surya Paloh Sebut Tak Bahas Kursi Menteri”, faktanya pertemuan antara Prabowo dan Surya Paloh tersebut terjadi pada 13 Oktober 2019.

Tidak hanya CNN Indonesia, beberapa media juga turut memberitakan tentang pertemuan keduanya. Melansir dari antaranews.com, pertemuan bertema silaturahmi kebangsaan tersebut menghasilkan tiga kesepatakan, yang tentunya tidak berkaitan dengan pemilu 2024 dan Indonesia Emas.

Berdasar seluruh referensi, unggahan video @srl_ayu_lestari terkait pertemuan Prabowo dan Surya Paloh bersatu menuju Indonesia Emas adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/1110702/pertemuan-prabowo-paloh-hasilkan-tiga-kesepakatan

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-dan-surya-paloh-bersatu-untuk-indonesia-emas