[SALAH] VIDEO PENDUKUNG PRABOWO GIBRAN BERSORAK DI DEPAN LAYAR

Video tersebut HOAKS dan telah dimanipulasi. Video asli merupakan situasi di mana masyarakat Inggris tengah menyaksikan laga antara Inggris vs Wales di piala Eropa tahun 2016.

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT/ KONTEN YANG DIMAPULASI

===

SUMBER: TIKTOK

Link arsip https://archive.cob.web.id/archive/1708161115.865292/index.html

===

NARASI:

“ini bukan nonton BOLA YAAAA

Prabowo 60%

Kalian Daerah Mana, komentar’’

===

PENJELASAN: Beredar melalui sebuah akun TikTok bernama @achhamiri445, video kerumunan orang tengah menyaksikan layar besar yang memperlihatkan sosok Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengenakan baju berwarna biru dan tengah melambaikan tangan. Terlihat pada video yang dibagikan, puluhan orang tersebut bersorak saat melihat dua sosok tersebut.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, video tersebut diketahui tidak sesuai fakta. Pasalnya video asli tidak memperlihatkan adanya sosok Prabowo dan Gibran di dalam layar besar tersebut. Coba menelusuri menggunakan mesin pencari, ditemukan video serupa pada laman YouTube Heart News West Country dengan judul “Fans at Ashton Gate Stadium, Bristol, celebrate England winner against Wales at Euro 2016” diunggah pada 17 Juni 2016. Video asli memperlihatkan orang-orang yang berada dalam video tengah menyaksikan laga antara Inggris vs Wales di Euro 2016. Dalam video memperlihatkan seorang pemain dari Inggris, Daniel Sturridge mencetak gol di masa injury time sehingga membuat penonton bersorak.

Lalu melansir dari kanal YouTube Bristol Sport pada video berjudul “Welcome To Ashton Gate Stadium”, diketahui jika video orang-orang yang tengah menyaksikan laga tersebut terjadi di Independence Sports Bar, Ashton Gate Stadium, Inggris. Jika dilakukan sinkronisasi antara lokasi yang disebarkan oleh akun TikTok @achhamiri445, dengan kondisi ruangan di Independence Sports Bar, ditemukan kesamaan mulai dari dinding dan situasi di dalam video yang disebarkan.

Jika mengacu kepada seluruh referensi, unggahan akun TikTok @achhamiri445 terkait video penonton bersorak menyaksikan Prabowo-Gibran di Ashton Gate adalah tidak benar. Video tersebut masuk ke dalam HOAKS dengan kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

===

REFERENSI: