[SALAH] Putin Mengeluarkan Dekrit yang Menyatakan Bahwa Penjualan Alaska adalah Ilegal

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya dekrit yang dikeluarkan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Januari 2024 hanya mengamanatkan penyediaan dana untuk mencari dan memberikan perlindungan hukum terhadap aset Rusia seperti real estate milik federasi Rusia, bekas Kekaisaran Rusia, dan bekas Uni Soviet yang berada di seluruh dunia.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/41LRM

= = =

Narasi:

“Bukankah kita sudah mengatakan bahwa Rusia menginginkan Alaska kembali? Ya! Ini dia…! Alaska berada di Rusia dan secara tidak sah “dijual” oleh Kaisar Rusia Alexander II hanya untuk mengetahui bertahun-tahun kemudian bahwa Alaska memiliki berlian dan emas. Putin menginginkannya kembali. Ay’khale”

“BREAKING: Putin menyatakan penjualan Alaska ke Amerika pada tahun 1867 sebagai tindakan ‘ilegal’ yang menegaskan klaim Rusia atas Alaska.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan di Twitter mengklaim bahwa Putin menyatakan jika penjualan Alaska kepada Amerika adalah sebagian dari tindakan ilegal. Klaim tersebut beredar setelah Presiden Rusia tersebut mengeluarkan dekrit mengenai perlindungan hukum terhadap aset Rusia pada Januari 2024.

Setelah ditelusuri, akun tersebut salah. Faktanya dekrit tersebut hanya mengamanatkan penyediaan dana untuk mencari dan memberikan perlindungan hukum terhadap aset Rusia seperti real estate milik federasi Rusia, bekas Kekaisaran Rusia, dan bekas Uni Soviet yang berada di seluruh dunia. Tidak menyebutkan bahwa penjualan Alaska kepada Amerika adalah ilegal.

Dilansir dari AFP, Rusia telah secara resmi mengalihkan kepemilikan Alaska kepada Amerika senilai US$7,2 Juta pada 18 Oktober 1867, namun negara bagian ini baru bergabung menjadi negara bagian Amerika pada 3 Januari 1959.

Dengan demikian, Putin menyatakan penjualan Alaska kepada Amerika adalah ilegal adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34H63JF

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-putin-mengeluarkan-dekrit-yang-menyatakan-bahwa-penjualan-alaska-adalah-ilegal

= = =