[SALAH] “Peluncur uang sogok anis amin tertangkap dan terbukti tersangka’’

Informasi tersebut PALSU. Foto yang digunakan tidak berkaitan dengan pemilu 2024. Foto tersebut adalah foto tahun 2021, peristiwa penangkapan sindikat pemalsuan uang.

KATEGORI : MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK

Arsip https://archive.cob.web.id/archive/1708070806.972354/index.html

===

NARASI:

“Peluncur uang sogok anis amin tertangkap dan terbukti tersangka

Di janjikan bayaran 1M baru di bayar 100jt’’

===

PENJELASAN: Beredar melalui TikTok sebuah video yang memperlihatkan puluhan tersangka tengah ditangkap oleh pihak kepolisian, dengan sejumlah bukti uang tunai dan telepon genggam. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @achhamiri, terdapat pula narasi yang menyebut jika para tersangka yang tertangkap merupakan tersangka dari tindak pidana pemberi uang sogokan dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Namun setelah coba ditelusuri lebih lanjut menggunakan mesin pencari, diketahui jika gambar yang digunakan pada video tersebut tidak sesuai dengan konteks yang sesungguhnya. Melansir dari Kompas TV dan beritasatu.com, diketahui jika gambar yang digunakan TIDAK memiliki keterkaitan dengan pemilu 2024. Gambar tersebut diketahui merupakan peristiwa ditangkapnya 20 orang tersanga kasus sindikat pemalsuan uang.

Peristiwa penangkapan tersangka sindikat pemalsuan uang ini terjadi jauh sebelum pemilu 2024 berlangsung. Jika melansir dari pemberitaan milik beritasatu.com pada artikel berjudul “Polisi Bekuk 20 tersangka pemalsuan uang di 5 kota”, diketahui bahwa artikel tersebut terbit pada Kamis, 23 September 2021.

Jika merujuk pada seluruh referensi, diketahui bahwa video yang disebarkan oleh akun TikTok @achhmiri terkait ditangkapnya tersangka pemberi uang sogok dari paslon AMIN adalah HOAKS. Video tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://www.beritasatu.com/news/831909/polisi-bekuk-20-tersangka-pemalsuan-uang-di-5-kota
https://pmjnews.com/article/detail/34351/bareskrim-polri-bongkar-4-kasus-pemalsuan-uang-20-tersangka-ditahan
https://nasional.kompas.com/read/2021/09/23/17372891/20-tersangka-kasus-peredaran-uang-palsu-ditangkap-polisi-ada-yang-residivis
https://www.kompas.tv/nasional/214726/polisi-tangkap-20-tersangka-kasus-sindikat-pemalsuan-uang