[SALAH] Anies Baswedan Serah Terima Jabatan Presiden Bersama Jokowi

Periksa fakta oleh Amanda Rahma

Faktanya, postingan yang menampilkan Anies Baswedan berjabat tangan dengan Jokowi bukanlah acara serah terima jabatan presiden. Namun, foto tersebut merupakan acara pertemuan Presiden Jokowi dengan tiga bakal calon presiden tahun lalu. Selain itu, pada waktu tersebut masih jauh dari pelaksanaan pemilu 2024.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok https://ghostarchive.org/archive/EMj5N

====
[NARASI] Serah Terima Jabatan Presiden Sudah Dimulai. Pak Anies Tinggal Tunggu Dilantik Di Istana

====
[PENJELASAN]
Sebuah akun tiktok bernama @Ilham_Montes mengunggah video Anies Baswedan berjabat tangan dengan Presiden Jokowi. Pada video tersebut, ditambahkan pernyataan “Serah Terima Jabatan Presiden Sudah Dimulai. Pak Anies Tinggal Tunggu Dilantik Di Istana”. Postingan ini membuat netizen mengira bahwa Anies Baswedan sudah ditetapkan menjadi presiden.

Setelah ditelusuri, ternyata postingan tersebut tidak benar. Postingan ini merupakan salah satu foto ketika Presiden Jokowi mengundang tiga bakal calon presiden Indonesia sebelum adanya pemilu. Momen ini juga diunggah oleh Jokowi di akun Instagramnya.

Selain itu, dikutip dari laman Liputan6.com video yang memperlihatkan Anies Baswedan berjabat tangan dengan Jokowi adalah postingan yang diunggah Liputan6.com dalam artikel yang berjudul ” Kompak Kenakan Batik, Tiga Bacapres Pemilu 2024 Penuhi Panggilan Presiden Jokowi” yang tayang pada 30 Oktober 2023.

Dengan demikian, postingan yang menyatakan bahwa Anies Baswedan sedang melakukan serah terima jabatan presiden bersama Jokowi tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.instagram.com/p/CzBKSX4v-_E/?igsh=bmFlYWMwbmJpeW14

https://www.liputan6.com/photo/read/5436864/kompak-kenakan-batik-tiga-bacapres-pemilu-2024-penuhi-panggilan-presiden-jokowi?page=1

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-baswedan-serah-terima-jabatan-presiden-bersama-jokowi