[SALAH] Aksi demo Lengserkan Gibran Jadi Wali Kota Solo

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Bukan aksi melengserkan Gibran dari wali kota, aksi tersebut digelar sebagai bantahan atas aksi Aliansi Mahasiswa Solo Raya Untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
================
Kategori : Konten yang menyesatkan
================

Beredar sebuah pesan berantai dalam bentuk video yang memperlihatkan aksi demo yang dilakukan di Kota Solo. Demo tersebut diklaim sebagai aksi untuk melengserkan Gibran dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo.

NARASI:
Kondisi kota Solo hari ini mencekam dan rusuh menentang dan menyuruh Gibran turun  alias lengser jadi wali kota solo..

Sumber: WhatsApp
================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, aksi tersebut memang dilakukan di halaman depan kantor Wali Kota Solo, namun bukan dalam rangka untuk melengserkan Gibran.

Aksi tersebut diinisiasi oleh Aliansi Solidaritas Perlawanan Rakyat Soloraya (Sodara) yang beranggotakan organisasi Cipayung Plus dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari sejumlah perguruan tinggi di Solo Raya.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Fierdha Abdullah Ali selaku koordinator aksi mengatakan unjuk rasa kali ini digelar sebagai bantahan atas aksi Aliansi Mahasiswa Solo Raya Untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB) di depan Balai Kota Solo yang digelar di depan Kantor Gibran Selasa (6/2).

Sebelumnya, AMSR-UKB menggelar aksi demonstrasi di Plaza Balai Kota Solo menuntut Gibran menandatangani pakta integritas.

REFERENSI:
https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/jateng/berita/d-7183822/aliansi-mahasiswa-solo-raya-demo-depan-balkot-solo-diwarnai-bakar-ban/amp

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240208182945-20-1060240/mahasiswa-solo-gelar-demo-tandingan-kecam-aksi-cium-tangan-gibran/amp