[SALAH] Gambar Anies Masuk Semua Agama, Termasuk Dibaptis dengan Nama Yohanes

Hasil periksa fakta Luthfiyah

Faktanya, gambar yang diunggah merupakan gambar Anies saat berkunjung di Vihara Dharma Jaya Toasebio bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta, karena pengurus Vihara selama ini kerap membantu dalam menyukseskan vaksinasi di Jakarta bukan untuk bersembahyang. Yohanes bukan nama baptis Anies hal tersebut bersifat penghargaan dan rasa persaudaraan

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1706319794.95069/index.html

= = = = =

NARASI:
“Perlu di pilih ga yg kaya gini…silakan di renungi…semua aliran agama ssh si masuki,termasuk di baptis yg namanya di ganti menjadi YOHANES…”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook peserta anonim mengunggah gambar Anies yang sedang di kelenteng. Postingan tersebut diunggah pada 26 Januari 2024 pukul 19.19 dalam grup Jokowi 3 periode. Postingan tersebut disertai caption yang mengklaim semua aliran agama sudah dimasuki termasuk dibaptis dan namanya diganti menjadi Yohanes.

Setelah ditelusuri dan menggunakan kata kunci Anies berdoa di kelenteng ditemukan artikel yang membantah klaim tersebut. Melansir dari turnbackhoax.id gambar tersebut adalah Anies yang sedang memasang dupa di Vihara Dharma Jaya Toasebio Jakarta Barat pada Minggu, 5 September 2021. Saat itu Anies yang masih menjadi Gubernur berkunjung ke vihara sebagai bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta, karena pengurus vihara selama ini kerap membantu dalam menyukseskan vaksinasi di Jakarta bukan untuk bersembahyang. Adapan ritual agama di vihara tersebut terdapat 3 unsur yaitu pembakaran dupa, kertas emas dan lilin. Menurut penuturan tokoh Tionghoa Lieus Sungkharisma menegaskan bahwa Anies tidak melakukan ketiga hal tersebut.

Klaim Anies dibaptis juga tidak benar, tokoh msyarakat Kristen DKI Jakarta, Pendeta Shephard Supit menegaskan pemberian nama Yohanes bukan nama baptis nama tersebut bersifat penghargaan dan rasa persaudaraan. Pemberian nama baptis harus melalui ritual baptis di gereja.

Dengan demikian postingan pada Facebook tidak benar. Gambar yang diunggah merupakan gambar Anies saat berkunjung di Vihara Dharma Jaya Toasebio bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta, karena pengurus vihara selama ini kerap membantu dalam menyukseskan vaksinasi di Jakarta bukan untuk bersembahyang. Yohanes bukan nama baptis Anies hal tersebut bersifat penghargaan dan rasa persaudaraan, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2023/09/21/salah-anies-sembahyang-di-klenteng/
https://kbanews.com/hot-news/pendeta-shephard-supit-tidak-ada-sakramen-baptis-ke-anies-saat-di-papua-tak-sembarangan-seseorang-dibaptis/
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gambar-anies-dengan-narasi-untuk-semua-pendukung-saya-jangan-lupa-coblos-no-2-prabowo-gibran
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gambar-anies-masuk-semua-agama-termasuk-dibaptis-dengan-nama-yohanes