[SALAH] Surat Undangan Pelatihan dan Penerimaan Bantuan Modal Oleh Kemendag

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Kementerian Perdagangan menyatakan surat undangan pelatihan dan penerimaan bantuan modal tersebut adalah palsu.

KATEGORI: Konten Tiruan

SUMBER: Flyer

NARASI:
“Nomor : 954/PEN.2/SD/02/2024
Lampiran : –
Hal : Undangan Pelatihan dan Penerimaan Bantuan Modal Gratis
Kepada Yth:
(Daftar Terlampir)
Di
Tempat
Dalam rangka mengembangkan UMKM dan meningkatkan keterampilan wirausaha anak, Menteri Perdagangan memiliki program bagi-bagi bantuan moda gratis sebesar Rp 40 juta kepada masyarakat yang ingin membuka warung dan akan memberikan pelatihan agar para wirausahawan dan menjalankan usahanya secara mandiri.
Berdasarkan hasil Keputusan bersama jajaran Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Melakukan verifikasi data yang ada yang telah diseleksi secara administrative dan kolektif, dan subtansinya di nilai oleh tim penilai. Penilaian diajukan kepada Menteri Perdagangan untuk memperolaeh pertimbangan dan penetapan calon penerima bantuan modal gratis sebesar Rp 40 juta. Memutuskan dan menetapkan, usaha yang anda Kelola untuk diproses lebih lanjut sebagai penerima penerima bantuan modal gratis sebesar Rp 40 juta
Sehubungan perihal di atas diharapkan kepada Pihak Pelaku Usaha yang terpilih untuk mengikuti pelatihan sekaligus penerimaan bantuan modal gratis sebesar Rp 40 juta yang akan dilakasanakan

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih”

PENJELASAN:
Beredar sebuah surat undangan tertanggal 2 Februari 2024 terkait pelatihan dan penerimaan bantuan modal sebesar Rp 40 juta. Dalam surat tersebut tercantum pelaksanaan pelatihan pada 7-9 Februari 2024 di Mercure Resort Bali Sanur. Biaya transportasi akan diganti ketika peserta tiba di lokasi.

Faktanya surat tersebut palsu. Kemendag melalui situs resminya menegaskan pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat tersebut dan tidak pernah menyelenggarakan acara tersebut. Sebagai program terkait bidang perdagangan dalam negeri yang dibuat oleh Kemendag yaitu program fasilitas 1000 warung agar membantu masyarakat melalui pemberian akses legal, akses pemasaran, dan akses pembiayaan.

“Masyarakat yang berminat untuk mendirikan warung dapat menghubungi Ditjen Perdagangan Dalam Negeridengan mencantumkan identitas dan lokasi pendirian warung. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui WhatsApp Layanan Informasi bidang Perdagangan Dalam Negeri 0811-1068-1818 atau 0811-1061-919. Selanjutnya, Kementerian Perdagangan bersama pemasok dan perbankan yang tergabung dalam programakan melakukan verifikasi kelayakan usaha pendirian warung”, jelas Suhatno, Plt Sekretaris Jendereal Kemendag pada 3 Februari 2024.

Berdasarkan penjelasan di atas, surat undangan pelatihan dan penerimaan bantuan modal mengatasnmakan Kemendag adalah hoaks dan masuk kategori konten tiruan.

REFERENSI
https://www.kemendag.go.id/berita/siaran-pers/klarifikasi-penipuan-tentang-undangan-pelatihan-dan-penerimaan-bantuan-modal-gratis-mengatasnamakan-kementerian-perdagangan

https://twitter.com/Kemendag/status/1753666751693484123?t=GjX0mxKdfDrf0QJD7yAfjA&s=19

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-bantuan-dana-hibah-menggunakan-logo-halal-mui