[SALAH] Dokumen Intelijen Bocor, CIA Bakal Cawe-cawe Pilpres 2024

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Dubes Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Michael Quinlan, dengan tegas membantah klaim mengenai campur tangan AS dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 di Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
=================
Kategori: Konten Menyesatkan
=================

Beredar sebuah pesan berantai yang menyebutkan rencana jahat CIA penggulingan terhadap presiden Jokowi. Selain itu, terdapat cantuman link artikel yang diduga dokumen Intelijen Bocor, dengan narasi sebagai berikut:

NARASI:
Dana hibah sudah cair…. pantas demo pemakzulan marak Rencana jahat CIA penggulingan terhadap presiden Jokowi.  Dokumen Intelijen Bocor, CIA Bakal Cawe-cawe Pilpres 2024 https://rmol.id/politik/read/2023/09/10/588493/dokumen-intelijen-bocor-cia-bakal-cawe-cawe-pilpres-2024  Sebuah dokumen intelijen yang bocor mengungkap bahwa Central Intelligence Agency (CIA) Amerika Serikat (AS) tengah mempersiapkan revolusi warna di Indonesia.

Sumber: WhatsApp
=================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai terebut mengacu pada sebuah artikel di mintpressnews.com yang berjudul “Leaked: CIA Front Preparing Color Revolution in Indonesia”, NED sedang memperluas pengaruhnya di Indonesia dengan memberikan hibah kepada LSM, kelompok sipil, partai politik, dan bahkan kandidat untuk Pemilu 2024.

Dilancir dari aktual.com, Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Michael Quinlan, dengan tegas membantah klaim mengenai campur tangan AS dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 di Indonesia.

Quinlan menegaskan bahwa AS tidak pernah terlibat dalam upaya untuk mempengaruhi pemilu di Indonesia dan menyebut beredarnya dokumen CIA sebagai berita palsu atau hoax.

“Ini adalah berita palsu (hoaks). Amerika Serikat tidak memihak dalam pemilu,” kata Quinlan dikutip dari Tribunnews.com pada Senin (11/9).

Quinlan juga menekankan bahwa sebagai negara yang menjalankan sistem demokrasi, AS menghormati dan mendukung proses pemilu yang bebas dan adil di Indonesia.

REFERENSI:
https://www.tribunnews.com/nasional/2023/09/11/beredar-dokumen-ada-operasi-cia-di-ri-jelang-pemilu-2024-jubir-kedubes-as-itu-hoax
https://aktual.com/tentang-dokumen-cia-kedubes-as-tegaskan-hoaks-dan-tidak-ikut-campur-pemilu-2024/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-dokumen-intelijen-bocor-cia-bakal-cawe-cawe-pilpres-2024