[SALAH] “Ibu Sri Mulyani saja ngajak milih: SATU!, Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA Salam satu jari”

Faktanya, foto itu merupakan foto saat Sri Mulyani usai melakukan pencoblosan pada Pemilu 2019 lalu di TPS Kota Tangerang Selatan bukan di USA seperti yang tertera di klaim.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter / X Imam Shamsi Ali (twitter.com/ShamsiAli2) pada 14 Februari 2024 mengunggah sebuah gambar yang menampilkan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, yang nampak mengenakan baju kemeja berwarna putih dan mengacungkan satu jari usai mencoblos dengan narasi:

“Ibu Sri Mulyani saja ngajak milih: SATU!”

Di gambar tersebut terdapat narasi: “Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA salam satu jari Kode Alam semesta 01 AMIN”.

Sumber: https://archive.ph/SkFru (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, yang nampak mengenakan baju kemeja berwarna putih dan mengacungkan satu jari yang diklaim sudah mencoblos di USA dan memberi kode 01 untuk paslon AMIN (Anies Baswedan – Cak Imin) merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, foto itu merupakan foto saat Sri Mulyani usai melakukan pencoblosan pada Pemilu 2019 lalu di TPS Kota Tangerang Selatan bukan di USA seperti yang tertera di klaim.

Foto yang identik, dimuat di artikel berjudul “Harapan Sri Mulyani Usai Nyoblos: Semua Damai Lagi” yang terbit di situs detik.com pada 17 April 2019. Dilansir dari artikel ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memiliki harapan yang sangat mendalam usai menggunakan hak suaranya pada pemilihan umum capres dan cawapres, serta para calon legislatif. Harapan Sri Mulyani adalah tanah air menjadi damai kembali alias menjadi satu Indonesia.

“Tentu kita berharap setelah pemilihan ini kita semuanya damai jadi satu lagi jadi Indonesia,” kata Sri Mulyani di komplek Mandar Sektor 3A, Bintaro Jaya, Tangsel, Banten, Rabu (17/4)2019).

Selain itu, pada Pemilu 2024 Sri Mulyani sendiri pada Rabu (14/2/2024) telah melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 73 Jalan Mandar X Bintaro Sektor 3A, Kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Momen tersebut juga diunggah langsung di akun Instagram resmi dari Sri Mulyani yang diunggah di 14 Februari 2024 pada sekitar pukul 11.

Berdasarkan pantauan Tirto, Sri Mulyani sendiri datang ke TPS sekitar pukul 09.00 WIB dengan mengenakan baju berwarna hitam, bukan baju berwarna putih seperti dalam klaim unggahan. Baju hitam ini juga sesuai dengan penampilan Menteri Sri Mulyani di foto di Instagram resminya. Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani juga sama sekali tidak mengeluarkan pernyataan terkait dukungan terhadap pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

REFERENSI
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4514066/harapan-sri-mulyani-usai-nyoblos-semua-damai-lagi
https://www.instagram.com/p/C3UBxBUpvOu/?img_index=4
https://tirto.id/hoaks-foto-sri-mulyani-nyoblos-di-as-dan-dukung-amin-gVTk
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ibu-sri-mulyani-saja-ngajak-milih-satu-akhirnya-sri-mulyani-sudah-mencoblos-di-usa-salam-satu-jari

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo