[SALAH] File APK Data TPS Pemilu 2024

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

File yang dibagikan merupakan SCAM berkedok Pemilu. Jika diunduh di ponsel Android, dapat mengakses berbagai data pribadi bahkan data perbankan. Selain itu, cek DPT secara online hanya bisa dilakukan di web https://cekdptonline.kpu.go.id/ dengan menuliskan NIK atau Nomor Paspor bagi pemilih yang berada di Luar Negeri.
==========================

KATEGORI: KONTEN TIRUAN
Ketika sebuah sumber asli ditiru.
==========================

NARASI
Beredar di Whatsapp, sebuah nomor mengirimkan file APK Data TPS Pemilu 2024. 


==========================

PENJELASAN:
Beredar pesan singkat melalui WhatsApp terkait data TPS Pemilu 2024 dari disertai lampiran dokumen dengan format Android Package Kit (APK) dengan nama “Data TPS Pemilu 2024.Apk”.
File yang dikirimkan merupakan bentuk SCAM, yakni penipuan digital yang menarget data-data privasi seseorang termasuk data perbankan.

Cek data TPS secara online pada Pemilu 2024 hanya bisa dilakukan melalui laman resmi https://cekdptonline.kpu.go.id/ dengan memasukkan NIK atau Nomor Paspor bagi pemilih yang berada di Luar Negeri.

Upaya pencurian data dengan modus mengirimkan file APK melalui WhatsApp kerap beredar dengan berbagai modus. Misalnya, modus tagihan listrik, undangan pernikahan, resi pengiriman ekspedisi, hingga terkait Pemilu 2024.

Pelaku akan mengirimkan file APK kepada korban, dan memanfaatkan kelengahan penerima pesan yang tidak mengecek terlebih dulu jenis file yang diterima. File APK yang dikirimkan oleh pelaku diduga telah diprogram sedemikian rupa untuk mencuri data pribadi korban, terutama data perbankan.


========================

REFERENSI:
(1)    https://money.kompas.com/read/2023/07/06/162921826/penipuan-file-apk-buat-korban-rugi-rp-14-miliar-simak-ciri-ciri-dan-cara
(2)     https://manado.tribunnews.com/2024/02/12/waspada-modus-penipuan-undangan-pemilu-2024-pakai-file-apk-bisa-kuras-tabungan-anda
(3)    https://turnbackhoax.id/2023/12/23/salah-file-apk-daftar-pps-pemilu-2024/
(4) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-file-apk-data-tps-pemilu-2024