[SALAH] File APK Daftar PPS Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Modus penipuan baru. File APK dengan judul PPS PEMILU 2024 tersebut berisi file aplikasi yang bisa mencuri data pribadi.

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu

=====

[SUMBER]: WhatsApp

=====

[NARASI]:

“FILE APK PPS PEMILU 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah pesan berantai pada platform WhatsApp berisi file aplikasi android berekstensi APK. File tersebut diberi nama “PPS PEMILU 2024″.

Setelah dilakukan penelusuran, file tersebut merupakan salah satu upaya penipuan. Penipuan dengan modus file APK ini sebelumnya sempat ramai dengan berbagai judul seperti undangan pernikahan, foto paket, hingga lembaran tagihan.

APK sendiri merupakan format file yang digunakan untuk menghimpun berbagai macam elemen guna memasang aplikasi pada android.

Aplikasi ini digolongkan dalam kategori bahaya yang memungkinkan untuk meminta akses melakukan aktivitas seperti membaca dan menerima SMS, sehingga penipu bisa mengakses kode PIN, meminta SMS token secara ilegal, dan bisa melakukan pengiriman uang dari rekening korban.

Untuk menghindari risiko seperti ini, masyarakat disarankan untuk memasang aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau App Store.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.antaranews.com/berita/3856911/waspada-penipuan-file-apk-terkait-pemilu-2024
– https://www.kominfo.go.id/content/detail/53363/hoaks-pesan-whatsapp-aplikasi-pps-pemilu-2024/0/laporan_isu_hoaks