[SALAH] Ribuan Ulama dan Golongan NU Bersatu Ikut Komando Ma’ruf Amin Dukungan Anies 2024

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi yang disajikan dalam video tidak menjelaskan informasi yang sesuai pada judul. Foto Ma’ruf Amin dan Anies yang diperlihatkan dalam video tersebut berasal dari foto mereka di acara Haul Guru Tua ke 51.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan 

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1707661605.718306/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: “Rezim panik total !! Ribuan ulama dan bibit NU bersatu ikut komando Makruf amin dukung Anies 2024”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video Youtube yang diunggah 7 Februari 2024 lalu membagikan video yang berisikan klaim tentang ribuan ulama dan golongan NU bersatu mendukung Anies dalam pemilu 2024 ikuti komando dari Ma’ruf Amin.

Namun setelah disimak isi video hanya berisi potongan video dari wawancara 2 orang relawan dari Anies Baswedan Rakyat Bersatu (ABRI-1) mengenai dukungan mereka kepada Anies. 

Selanjutnya, dalam unggahan tersebut juga menampilkan sebuah potongan video yang memperlihatkan Ma’ruf Amin sedang berpidato dan duduk bersamaan dengan Anies Baswedan dalam sebuah acara. 

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, ditemukan hasil temuan jika acara tersebut merupakan acara Haul Guru Tua yang ke-51 yang diselenggarakan pada tahun 2019 lalu. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan jika klaim yang menyebutkan Ma’ruf Amin memberikan perintah kepada ribuan ulama NU adalah informasi yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.malutprov.go.id/gubernur-maluku-utara-menghadiri-haul-guru-tua-ke-51

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ribuan-ulama-dan-golongan-nu-bersatu-ikut-komando-maruf-amin-dukungan-anies-2024