[SALAH] Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW di Ancol yang digagas oleh Bpk Anies Baswedan telah selesai dan belum terpublikasikan dengan baik

Hasil Periksa Fakta Vina (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang digunakan merupakan video desain arsitektur dari Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW yang digagas oleh Anies Baswedan pada tahun 2020. Namun, klaim bahwa museum tersebut telah selesai proses pembangunannya dan tidak terpublikasi dengan baik, tidak benar.
=========================

KATEGORI: KONTEN MENYESATKAN

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Beredar sebuah video yang diunggah di Tikok oleh akun @foodphotography.creator https://vt.tiktok.com/ZSFFN7vLB/ (https://archive.md/fpBvc arsip) pada 8 Juli 2023. Video tersebut menampilkan gedung megah yang merupakan Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW di Ancol. Video tersebut disebarkan dengan narasi sebagai berikut:

“Alhamdulillah, Musium Nabi Muhammad di Ancol yg di gagas dan dibangun pd th 2020 oleh Bpk Anies Baswedan telah selesai dan belum terpublikasikan dgn baik. Ayo ramai-ramai kita viralkan Musium ini sbg destinasi wisata religi masyarakat Muslim Indonesia.

Mari kita kabar kan kpd sdr muslim kita”

==========================

PENJELASAN:
Sebuah unggahan di Tiktok menampilkan sebuah Video penampakan gedung megah yang merupakan Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW di Ancol. Video tersebut disebarkan dengan klaim bahwa Pembangunan museum tersebut sudah selesai dan belum terpublikasi dengan baik.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa video yang digunakan merupakan video desain arsitektur Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW yang digagas oleh Anies Baswedan pada tahun 2020. Video identik diunggah oleh beberapa kanal Youtube, salah satunya oleh Dailami Firdaus pada 16 Desember 2020 (https://youtu.be/9Q84VZFkaz0?si=Aoc-PlUMlPnEHvxy).

Selain itu, Pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW di Ancol belum sampai di tahap penyelesaian. Dilansir dari situs Republika yang diunggah pada 23 Mei 2023, Pembangunan Museum tersebut mengalami mangkrak setelah peletakan batu pertamanya pada 2020. Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail memastikan, pembangunan museum di tempat wisata tersebut tidak menggunakan APBD.

“Terakhir itu sempat dilaporkan beberapa bulan lalu oleh Dirut Ancol (PT Pembangunan Jaya Ancol) yang baru dan seinget saya waktu itu baru tahap proses menindaklanjuti pembangunannya karena sempat tertunda,” kata Ismail saat ditemui di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat.

Dengan demikian, klaim yang menyebut bahwa Museum Sejarah Nabi Muhammad yang digagas oleh Anies Baswedan pada 2020 lalu telah selesai pembangunannya, tidak benar.

========================

REFERENSI:
(1)    https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4189123/museum-sejarah-nabi-muhammad-saw-dan-peradaban-islam-segera-berdiri-di-ancol
(2)    https://news.republika.co.id/berita/rv3wj7484/dewan-komentari-pembangunan-museum-sejarah-nabi-di-ancol-mandek
(3)    https://news.detik.com/berita/d-6103998/museum-sejarah-nabi-di-ancol-digaungkan-anies-didukung-puan-maharani
(4) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-museum-sejarah-nabi-muhammad-saw-di-ancol-yang-digagas-oleh-bpk-anies-baswedan-telah-selesai-dan-belum-terpublikasikan-dengan-baik