[SALAH] Wow makin mantap !! Akhirnya Airlangga resmi gelar deklarasi untuk Anies presiden RI 2024

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Airlangga resmi deklarasikan Aines sebagai Presiden RI 2024. Cover dan judul dari unggahan tersebut telah dimanipulasi. Isi narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut tidak sesuai. Narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut merupakan sebuah artikel berita dan potongan video dari akun youtube lain.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706233306.145608/youtu.be/ZszKZL_j6Hg%40si%3DzQJQcNNmp4SorKfV.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “Wow makin mantap !! Akhirnya Airlangga resmi gelar deklarasi untuk Anies presiden RI 2024”

============
[PENJELASAN]:
Akun  Redaksi TV pada 25 Januari 2024 mengunggah video yang berjudul “Wow makin mantap !! Akhirnya Airlangga resmi gelar deklarasi untuk Anies presiden RI 2024”. Unggahan yang berdurasi 8 menit 24 detik itu tidak menyampaikan tentang Airlangga yang resmi mendeklarasikan Anies sebagai presiden 2024. Unggahan tersebut menyampaikan tentang alumni Univesitas Airlangga yang memberikan dukungan kepada Anies bukan Airlangga ketua umum partai golkar. Cover dalam unggahan tersbut dimanipulasi dengan memberikan kesan partai golkar dipimpin Airlangga mendelkarasikan Anies sebagai presiden 2024.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari harianterbit.com yang berjudul “Mileanies Sidrap Deklarasikan Dukungan ke Anies Baswedan Sebagai Presiden RI 2024” pada 16 Mei 2022. Artikel tersebut berisi tentang realawan mileanies dari Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan mendeklarasikan dukungan mereka kepada Anies Baswedan pada pilpres 2024. Unggahan tersebut juga menampilkan potongan video dari akun Hodari Podcast Rakyat yang berjudul “ERGERAK…!! ALUMNI UNIVERSITAS AIRLANGGA DEKLARASIKAN DUKUNGAN KE ANIES DI SURABAYA; KEREN!”.

==========
[REFERENSI]:
– https://youtu.be/2leBaR8lpZw?si=x7vGXkwWH9gV3NGC
– https://www.harianterbit.com/megapolitan/pr-2743402672/mileanies-sidrap-deklarasikan-dukungan-ke-anies-baswedan-sebagai-presiden-ri-2024
https://cekhoax.id/cek-fakta/hoaks-airlangga-hartarto-deklarasikan-dukungan-kepada-anies-baswedan