[SALAH]: “Video Becak Listrik yang Dibagikan Prabowo ditarik lagi”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, melalui Presiden Becak Listrik Indonesia Nanik S Deyang membantah tudingan tersebut,  Nanik mengatakan, kalaupun ada becak listrik yang ditarik, itu tidak berarti batal diberikan. Namun, tengah diperbaiki dan dilengkapi kebutuhan administrasinya untuk dibagikan serentak sesuai jadwal.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.cob.web.id/archive/1706799750.090741/index.html

=====

[NARASI]:
Seorang bapak dari paguyuban becak Madiun ini kecewa, Karena becak listrik yg dibagikan Prabowo Gibran di ambil lagi, bahkan uang 100rb yg di janjikan pun gak dipenuhi.
Nyari suara gitu amat sih Tim gemoy ini,
Mereka pikir mentang2 orang miskin bisa di permainkan seenaknya gitu?#AsalBukanPrabowoGibran

=====

[PENJELASAN]:
Akun Twitter/X dengan nama pengguna “DS_yantie” membagikan video berdurasi 42 detik dengan narasi becak listrik yang dibagikan Prabowo Gibran diambil lagi.

Setelah melakukan penelusuran, melalui Presiden Becak Listrik Indonesia Nanik S Deyang membantah tudingan tersebut. Nanik yang juga bertanggungjawab atas penyaluran becak listrik menjelaskan bahwa distribusi ratusan becak listrik akan dilakukan secara bertahap di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Nanik mengatakan, kalaupun ada becak listrik yang ditarik, itu tidak berarti batal diberikan. Namun, tengah diperbaiki dan dilengkapi kebutuhan administrasinya untuk dibagikan serentak sesuai jadwal.

Selain itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) paslon Pilpres 2024 nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bagi-bagi 300 becak listrik gratis kepada penarik becak yang tergabung dalam Paguyuban Becak Madiun dan sekitarnya di Lapangan Gulun Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (29/1).

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang becak listrik yang dibagikan Prabowo Gibran diambil lagi adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://pemilukita.republika.co.id/berita/s84mc0463/kabar-becak-listrik-yang-diluncurkan-prabowogibran-ditarik-kembali-hanya-hoaks
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240129195925-617-1055905/tkn-prabowo-gibran-bagi-bagi-300-becak-listrik-di-madiun
https://www.youtube.com/watch?v=RQffRyzuXro
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-becak-listrik-yang-dibagikan-prabowo-ditarik-lagi