[SALAH] PRABOWO DITERIAKI “ANIES PRESIDEN” SAAT BERPIDATO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan manipulasi dari video ketika Prabowo berpidato di acara konsolidasi relawan Provinsi Bengkulu. Dalam video aslinya tidak terdapat suara teriakan “Anies Presdien”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1707111074.812078/index.html (Instagram)

=====

[NARASI]:
SEMAKIN BANYAK PINDAH HALUAN KE 01.

UANG SEDEKAH BOLEH DARI MANAPUN JANGAN DITOLAK COBLOS TETAP 02

Cek ke akun kami banyak yang putar haluan.Pendukung yang lain ikut ketar ketirrr
#aniesbaswedan
#ganjarpranowo
#prabowo

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video menampilkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sedang berpidato dan terdengar teriakan “Anies presiden” beredar dari akun instagram bernama zara.abidah pada 24 Januari 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik dengan video klaim tersebut dari unggahan channel youtube resmi Suaradotcom berjudul “Diingatkan Sopan dan Hati-hati Bicara Jangan Terpancing Emosi, Begini Jawaban Prabowo” yang tayang pada 11 Januari 2024.

Video tersebut merupakan momen ketika Prabowo menyampaikan pidato dalam konslidasi relawan Provinsi Bengkulu di Balai Buntar, Kota Bengkulu pada 11 Januari 2024.

Dalam video aslinya tidak terdapat suara teriakan “Anies presiden” saat Prabowo berpidato. Sehingga dapat dipastikan bahwa video tersebut telah direkayasa.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang di sebar luaskan oleh akun instagram zara.abidah tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/02/174158082/hoaks-video-prabowo-diteriaki-anies-presiden-saat-berpidato

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gambar-pesawat-rusak-kebanggaan-indonesia