[SALAH] ANIES BERDOA DI KLENTENG UNTUK KEMENANGANNYA DI PILPRES 2024

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan momen ketika Anies masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta berkunjung ke Vihara Dharma Jaya Toasebio, Jakarta Barat yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1707110580.677613/index.html (Instagram)

=====

[NARASI]:
BERITA HARI INI
ANIES LAGI BERDO’A UNTUK KEMENANGANNYA DI PILPRES NANTI

VIRAL!!
DEMI JADI PRESIDEN ANIES RELA BERDOA DI KLENTENG CINA AGAMA DI MAIN MAINKAN

untuk pendukung 01 bisakah anda jelaskan tentang ini

ini tipe calon presiden yang kalian idamkan???. sudah tertutup kah mata hati kalian atas orang ini @aniesbaswedan yang selalu mempermainkan agama… apa masyarakat indonesia sudah dibutakan?
tetap di hati bapakku @prabowo , salam

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun instagram bernama gue.hace805 yang menampilkan sosok calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan sedang melakukan aktivitas di klenteng dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Anies berdoa agar dapat menang di Pemilihan Presiden 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan foto identik dengan video klaim tersebut dari arikel fajar.co.id berjudul “Bakar Dupa di Vihara, Anies Dikecam Netizen, Lieus Sungkharisma: Itu Bukan Sembahyang” yang dimuat pada 7 September 2021.

Foto tersebut merupakan momen ketika Anies masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta berkunjung ke Vihara Dharma Jaya Toasebio, Jakarta Barat sebagai bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta karena pengurus Vihara selama ini kerap membantu dalam menyukseskan vaksinasi di Jakarta.

Tokoh Tionghoa Lieus Sungkharisma mengatakan bahwa momen ketika Anies memasang dupa tersebut bukanlah sembayang melainkan bentuk penghormatan Anies pada Vihara Dharma Jaya Toasebio sebagai salah satu situs keagamaan yang bersejarah di Jakarta yang berdiri sejak tahun 1751 dan masih terawat dengan baik hingga saat ini.

Lieus juga menjelaskan bahwa dalam ritual agama di vihara ada tiga unsur utama yang harus dipenuhi yakni pembakaran dupa, kertas emas dan lilin. Ketiganya wajib dilakukan dalam sembahyang vihara maupun klenteng dan Anies tidak melakukan ketiga hal tersebut. Anies hanya membakar dan memasang dupa lalu memberi hormat.

Hoax serupa sebelumnya juga sudah pernah dibahas oleh turnbackhoax.id pada artikelnya yang berjudul “[SALAH] Anies Sembahyang di Klenteng” yang dimuat pada 21 September 2023.

Dengan demikian klaim narasi Anies berdoa di klenteng untuk kemenangannya di Pilpres 2024 adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/02/133012982/hoaks-anies-berdoa-di-kelenteng-agar-menang-pilpres-2024#google_vignette

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-berdoa-di-klenteng-untuk-kemenangannya-di-pilpres-2024