[SALAH] VIDEO NELAYAN SURABAYA HADANG KAPAL ROHINGNYA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, video tersebut bukan video dari nelayan Surabaya yang sedang menghadang kapal Rohingya, melainkan video dari nelayan-nelayan yang tengah menghadang Rohingya untuk masuk ke Aceh.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/ZJ9yW

=====
[NARASI]:

“Entah ini BNR atau hoax. Saya ttp bangga SM nelayan ini,yg seharusnya jd tugas TNI AL ,bknnya masyarkt ,Dy berani mengusir #rohingya , klo sdah menyangkut kemerdekaan Indonesia,Qt hrs turun tangan sm2.
NELAYAN SURABAYA PERTAHANKAN KEDAULATAN LAUT, HADANG KAPAL ROHINGYA”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar unggahan melalui media Facebook, sebuah video yang diklaim sebagai video dari nelayan-nelayan di Surabaya yang sedang menghadang kapal Rohingya. Tampak kapal kecil yang dinaiki oleh nelayan-nelayan tersebut sedang berhadapan dengan sebuah kapal yang cukup besar, yang diduga merupakan kapal yang mengangkut masyarakat Rohingya.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terkait dengan video viral tersebut, didapati sebuah informasi yang menunjukkan bahwa klaim yang beredar tersebut merupakan klaim yang tidak benar. Melansir dari artikel cek fakta turnbackhoax.id yang berjudul, “[SALAH] Video Nelayan Surabaya Hadang Kapal Rohingya” pada 28 Januari 2023 lalu, diketahui bahwa video tersebut bukan video nelayan Surabaya yang sedang menghadang kapal Rohingya.

Faktanya, kanal YouTube tvOneNews, pernah mengunggah video yang identik dengan judul, “Aksi Nelayan Usir dan Adang Pengungsi Rohingya yang Tiba di Laut Aceh | tvOne Minuteโ€. Video ini diunggah pada 11 Desember 2023 lalu.

Kemudian, kanal YouTube viva.co.id juga pernah mengunggah video yang sama pada 16 Agustus 2023, dengan judul โ€Aksi Nelayan Lokal Cegat Pengungsi Rohingya di Tengah Lautโ€. Video tersebut menjelaskan bahwa warga Aceh telah melakukan berbagai cara untuk menghalangi pengungsi Rohingya yang berusaha masuk ke wilayah Aceh.

Jadi dapat disimpulkan, video viral dengan klaim yang menyebutkan bahwa nelayan Surabaya pertahankan kedaulatan laut, hadang kapal Rohingya, merupakan klaim yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34DQ9WM

=====
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid029WozHd6D2dUBLMBgRsh1WhrBMenuyEwPBqDchRurzHXTdy1uxm966gh8svybWpt5l&id=100007818873339&mibextid=Nif5oz
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-nelayan-surabaya-hadang-kapal-rohingnya