[SALAH] UTANG UGAL-UGALAN, SRI MULYANI SUARAKAN MUNDUR DARI KABINET

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, sampai hari ini, belum ada pernyataan resmi dari Sri Mulyani terkait dengan keinginan mundur dari kabinet Presiden Jokowi. Sri Mulyani terpantau masih menjalankan tugasnya selaku Menteri Keuangan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1706490862.607109/index.html

=====
[NARASI]:

“Menurut Anda Mampukah Prabowo Menyelesaikan dan Mengatasi Utang LN Indonesia dlm Jangka 3 Tahun yg kini Menyentuh Angka Rp. 8.041 Trilliun, November 2023 (Sumber BI) ?
atau Justru akan Menambahnya?..
Hingga Mengakibatkan Sri Mulyani Menyuarakan akan Mundur dr Kabinet karena Utang Negara yg Ugal-ugalan tsb? (Faisal B) UtangLN”

=====
[PENJELASAN]:

Selengkapnya ada di penjelasan.
Sebuah unggahan yang menyebutkan bahwa Mentri Keuangan RI, Sri Mulyani, telah menyuarakan bahwa dirinya akan mundur dari jajaran kabinet Presiden Jokowi. Akun Facebook bernama Jadikan Dia Pria Sejati ini menyebutkan bahwa keinginan Sri Mulyani untuk mundur ini disebabkan oleh besaran utang luar negeri Indonesia yang ugal-ugalan.

Namun, informasi yang menyebutkan bahwa Sri Mulyani akan mundur dari jabatannya sebagai Menkeu, telah secara tegas dibantah oleh Staf Khusus Menkeu, Yustinus Prastowo.

“Klarifikasi: Tidak ada pernyataan Menkeu SMI mengundurkan diri dari jabatan Menkeu, meskipun ada rumor beredar. Sampai saat ini Ibu Sri Mulyani tetap menjalankan tugas menjaga keuangan negara dengan penuh tanggung jawab,” tulis Prastowo melalui akun pribadinya @prastow, Jumat (5/1) lalu.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyebutkan bahwa Menkeu Sri Mulyani suarakan dirinya mundur dari kabinet merupakan klaim yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://bisnis.tempo.co/read/1822962/ramai-dikabarkan-siap-mundur-dari-kabinet-sri-mulyani-unggah-ini-di-instagramnya

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240118201412-532-1051435/awal-mula-isu-sri-mulyani-mundur

=====
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0NNiry89P92ms2kzMTdJym2doSVZYjHwUWg6a1HKeCgwTP2pkcQXrEHGES247Dtc8l&id=100068611881603