[SALAH] DISHUB DKI JAKARTA CABUT STICK ONE JALUR SEPEDA UNTUK HILANGKAN KARYA ANIES DI JAKARTA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, pencabutan stick one yang dilakukan oleh Dishub DKI Jakarta tersebut dilakukan terhadap stick one yang telah rusak akibat tertabrak oleh kendaraan bermotor. Stick one yang rusak tersebut harus dicabut untuk mejaga keselamata  pengguna jalan dan mencegah kecelakaan lalu lintas.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: INSTAGRAM
https://archive.fo/8gwCj

=====
[NARASI]:

“DISHUB DKI CABUT “STICK CONE” JALUR SEPEDA DI 13 RUAS JALAN
Tugas dia cuma 1, hilangkan semua karya Anies di Jakarta‚Ķ “

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah video beredar melalui media sosial Instagram. Unggahan milik akun bernama @pakarkampanye ini membagikan sebuah video yang memperlihatkan Dinas Perhubungan (DISHUB) Pemerintah DKI Jakarta yang tengah mencabut stick cone jalur sepeda di salah satu ruas jalan. Dalam klaimnya, akun ini juga menyebutkan bahwa pencabutan ini dilakukan pada 13 ruas jalan yang ada di Jakarta. Dalam keterangannya, disebutkan bahwa tindakan ini merupakan bentuk dari upaya penghilangan terhadap karya Anies Baswedan di Jakarta. Lalu apakah benar, pencabutan stick cone pada ruas-ruas jalan di Jakarta, merupakan tindakan dari Dishub DKI yang berusaha menghilangkan karya Anies di Jakarta?

Setelah melakukan penelusuran terhadap video dan klaim tersebut, ditemukan sebuah fakta yang melatarbelakangi aksi pencabutan stick cone oleh Dishub DKI tersebut. Melansir dari artikel kompas.com, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memang mencabut stick cone atau tiang pembatas jalur sepeda yang ada di 13 ruas jalan Ibu Kota. Namun dalam hal ini, pencabutan yang dilakukan tersebut ternyata dilakukan pada stick cone yang sudah rusak akibat ditabrak oleh pengendara motor.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan bahwa stick cone yang rusak tersebut dianggap dapat membahayakan pengendara sehingga perlu dicabut. Lebih lanjut, Syafrin berujar bahwa petugas Dishub DKI Jakarta sebelumnya menerima laporan dari warga terkait kerusakan stick cone. Karena itu, Dishub DKI Jakarta melakukan pengecekan lalu mencopot stick cone yang rusak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pencabutan stick cone oleh Dishub DKI Jakarta bukan merupakan upaya penghilangan terhadap karya Anies Baswedan, sehingga klaim dalam unggahan dapat dikategorikan sebagai misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-6987424/viral-stick-cone-jalur-sepeda-dicopot-petugas-ini-kata-kadishub-dki/amp

https://megapolitan.kompas.com/read/2023/10/18/09475901/saat-dishub-dki-cabut-stick-cone-jalur-sepeda-yang-rusak-demi-keselamatan

=====

https://www.instagram.com/reel/C2Bgx9txQhT/?igsh=NTc4MTIwNjQ2YQ==

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-dishub-dki-jakarta-cabut-stick-one-jalur-sepeda-untuk-hilangkan-karya-anies-di-jakarta