[SALAH] KAMPANYE PRABOWO-GIBRAN DI BOIKOT AKIBAT PIDATO JOKOWI TIDAK NETRAL

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait kampanye Prabowo-Gibran di boikot akibat pidato Jokowi tidak netral. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706555152.602211/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
AMARAH RAKYAT !! AKIBAT PIDATO JKW TIDAK NETRAL || KAMPANYE PR4GIB DI BOIKOT

RAKYAT CERDAS!!
KAMPANYE PR4GIB DI BOIKOT AKIBAT PIDATO JOKOWI TIDAK NETRAL DUKUNG BELIMBING SAYUR

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube CATATAN ISTANA membagikan sebuah video bernarasi kampanye Prabowo-Gibran di boikot akibat pidato Jokowi tidak netral.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari medcom.id berjudul “Jokowi Sebut Presiden Boleh Berkampanye, Respons Warganet: Jangan Pilih Gibran” yang dimuat pada 24 Januari 2024.

Artikel tersebut membahas respon warganet terkait pidato Presiden Jokowi yang secara terang-terangan mengatakan kalau seorang presiden boleh memihak bahkan brkampanye dalam kontestasi Pilpres.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan kampanye Prabowo-Gibran di boikot akibat pidato Jokowi tidak netral tidak terbukti dan termasuk ke dalam koten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/zNAQrv8N-jokowi-sebut-presiden-boleh-berkampanye-respons-warganet-jangan-pilih-gibranjokowi-sebut-presiden-boleh-berkampanye-respons-warganet-jangan-pilih-gibran

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kampanye-prabowo-gibran-di-boikot-akibat-pidato-jokowi-tidak-netral